Pengajuan Dana Hibah untuk Modal Usaha

Pengajuan Dana Hibah untuk Modal Usaha

Pengajuan dana hibah untuk modal usaha – Di tengah-tengah wabah dan kondisi ekonomi yang krisis, Anda tentunya perlu pikirkan ulangi bagaimanakah cara masih penuhi keperluan yang terus berjalan.

Ketahui Pula; dana hibah gratis langsung cair, cara mendapatkan dana hibah dari timur tengah, cara mendapatkan dana hibah gratis dari luar negeri, bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2020, dana hibah perorangan 2021, bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2021, cara mendapatkan bantuan dana dari arab saudi 2021, cara mendapatkan bantuan dana dari pemerintah

Buka usaha ketika wabah dapat menjadi salah satu jalannya. Tak perlu kebingungan karena semenjak 24 Agustus 2020, pemerintahan telah ikut peran dalam salurkan kontribusi modal usaha di periode wabah.

Baca Juga: 

Dana Hibah Modal Usaha, Berikut Cara Mendapatkannya

Dana Hibah Artinya

Dana Hibah Adalah, Dana Hibah Artinya

Bantuan Dana Hibah untuk Koperasi

Berikut ini langkah Pengajuan dana hibah untuk modal usaha

Langkah memperoleh kontribusi modal usaha berikut ini!

Kenali Proses Kontribusi

Masalah yang kemungkinan Anda jumpai ialah susahnya memperoleh utang lewat bank karena tidak ada agunan. Tetapi, pemerintahan sekarang ini menarget 12 juta aktor usaha micro yang berada di Indonesia agar masih jalankan bisnis dengan keinginan kurangi kesusahan di periode wabah.

Proses akseptasi dananya juga memiliki sifat langsung, dana ditransfer ke rekening individu tanpa mediator.

Pada step I, program kontribusi ini diteruskan ke 9,1 juta aktor usaha micro yang tercatat di Pegadaian (59,37%), bank Himbara, Asbanda, Perbarindo (32 persen), Dinas Koperasi dan UKM di semua daerah Indonesia (5,87%), dan koperasi (1,77%).

Tetapi, ada catatan khusus supaya bisa saja yang menerima kontribusi modal usaha, yakni pebisnis itu sedang tidak terima utang pada perbankan.

Baca Juga: Bantuan Dana Gratis dari Luar Negeri

Persyaratan yang Harus Disanggupi agar bisa Buka Usaha di Saat Wabah

Inisiasi pemerintahan untuk menolong beberapa pemilik usaha micro, tentu saja tidak langsung dapat dikasih ke semua warga. Ada syarat yang perlu disanggupi lebih dulu.

Bila Anda ingin membuka usaha saat wabah, baca syarat berikut sebagai awal pengajuan dana hibah untuk modal usaha atau langkah peroleh kontribusi modal usaha di periode wabah dari pemerintahan:

  1. Anda harus mempunyai kewarganegaraan Negara Indonesia;
  2. Mempunyai nomor induk kependudukan (NIK);
  3. Menyertakan surat info usaha (SKU), bila alamat KTP dan domisili usaha berbeda;
  4. Anda sedang tidak memakai credit atau pendanaan dari perbankan atau credit usaha rakyat (KUR);
  5. Anda bukan aparat sipil negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, karyawan BUMN, atau karyawan BUMD.
  6. Usaha micro Anda ditunjukkan lewat surat saran calon yang menerima BPUM

Apa Anda sebagai calon yang terima pengajuan dana hibah untuk modal usaha atau dana kontribusi yang terhitung ke persyaratan berikut? Bila iya, selamat karena Anda sudah penuhi persyaratan.

Calon Yang menerima Kontribusi Diusulkan oleh Pengusul BPUM

Menerangkan lebih komplet point 6 dalam persyaratan yang perlu disanggupi, Anda sebagai calon yang menerima kontribusi modal usaha di periode wabah dari pemerintahan harus mempunyai referensi dari pengusul BPUM.

Beberapa pengusul BPUM yang diartikan ini sebagai ini.

  1. Kementerian/Instansi
  2. Dinas Koperasi dan Usaha Micro, Kecil, dan Menengah di daerah propinsi dan kabupaten/kota
  3. Koperasi yang sudah ditetapkan sebagai tubuh hukum
  4. Perbankan dan perusahaan pendanaan yang tercatat di Kewenangan Layanan Keuangan (OJK)
  5. Instansi penyalur credit pemerintahan.

Langkah pengajuan BPUM atau kontribusi tunai UMKM

Sesudah ketahui Tubuh Pengusul untuk penuhi syarat yang menerima kontribusi, masihlah ada langkah-langkah untuk ajukan yang penting Anda kenali. Dimulai dari mendaftar identitas, sampai analisis.

Berikut langkah pengajuan BPUM atau kontribusi tunai UMKM yang diartikan.

  1. Sebagai aktor usaha, Anda perlu ajukan dan mendaftar identitas dan usaha yang dirintis ke Dinas UMKM dan Koperasi di Kabupaten/Kota setempat;
  2. Sesudah mendaftar, Anda perlu mengikut birokrasi yang ada di Dinas UMKM dan Koperasi Kabupaten/Kota
  3. Menanti proses analisis dan klarifikasi data yang dilaksanakan oleh instansi di atas;
  4. Check status secara periodik, punyai nomor PIC pengusul untuk ketahui status
  5. Check laporan akseptasi lewat pesan singkat (SMS)
  6. Kerjakan klarifikasi ke bank penyalur untuk pencairan atau nantikan pencairan langsung kontribusi modal usaha di periode wabah pada rekening Anda

Anda pun perlu ketahui jika pemerintahan sudah menunjuk 3 bank sebagai penyalur Banpres Produktif, yakni BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri.

Seharusnya Anda membuat rekening dari salah satunya bank itu dan cermati penipuan karena dana kontribusi ini sebagai hibah seutuhnya, bukan utang dan tidak juga mengambil ongkos administrasi saat pencairan.

Kecuali pengajuan dana hibah untuk modal usaha atau dana tambahan untuk UMKM, saat hadapi krisis di periode wabah, Anda pun membutuhkan penyiapan periode panjang.

Tidak boleh terlampau fokus dengan penghasilan periode pendek saja. Ini terhitung perlindungan diri dan keluarga yang disebut hal fundamental yang sebenarnya harus disanggupi.

Dengan Zurich Smart Care, Anda dapat memperoleh pelindungan kesehatan sekalian investasi, diperlengkapi dengan asuransi tambahan untuk pelindungan mendalam sesuai keperluan Anda dan keluarga.

Lebih dari itu, Anda bisa juga mendapatkan sarana Pembayaran Premi Automatis untuk Premi Dasar dan Premi Hebat Up Periodik dimulai dari tahun Polis kedua (dua), lewat ambil Nilai Investasi Premi Hebat Up Tunggal hingga Polis tetap aktif. Check faedah secara lengkap di sini.

8 tanggapan pada “Pengajuan Dana Hibah untuk Modal Usaha”

  1. Saat ini saya sedang membutuhkan dana hibah untuk modal membuka usaha..awal nya saya bekerja sebagai kuli pabrik…tapi status saya sebagai cleaning service…dan saat ini saya pun di berhentikan dengan alasan karna sedang pandemi..saya kira hanya sementara saya di berhentikan…tapi ternyata samapai saat ini pun saya belum ada panggilan lagi untuk kerja..

    Nah oleh karna itu saya saat ini sedang membutuhkan dana hibah untuk modal usaha…karna tidak mungkin juga saya terus terusan diam di rumah tanpa aktifitas apapun.sedangkan ada anak dan istri saya yang harus saya nafkahi…oleh karna itu bagi siapa saja yang membaca postingan saya ini,saya berharap bisa mendapat kan dana hibah untuk modal usaha karna saya ingin membuka usaha demi anak dan istri saya…

  2. saya sangat membutuhkan sekali modal untuk usaha saya ini..pekerjaan saya dikerajinan tangan..akibat pandemi ini usaha saya pendapatanya sangat turun drastis hingga saatni usaha saya sudah tidak berjalan dikarnakan sudah tidak ada modal lgi untuk memulai usaha lgi..jadi harapan saya untuk dana hibah ini saya mohon bantuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.