Modal Usaha Gratis, Cara Mendapatkan Modal Usaha

Modal Usaha Gratis, Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cari Modal Usaha Gratis? Bagaimana cara mendapatkan modal usaha tersebut? Tentunya pertanyaan ini tak akan pernah habisnya. Persoalan ini bakal terus dipertanyakan oleh banyak orang.

Nah, berikut ini Sumber dan Tips Memperolehnya. Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis ini ada beberapa pilihan.

Sesudah kita ketahui ada beragam jenis modal usaha yang bisa Anda peroleh secara gratis, lalu pertanyaan bagaimanakah cara untuk memperolehnya? tentunya bakal terus terngiang-ngiang. Jika Anda tertarik, berikut ini cara mendapatkan modal usaha gratis yang bisa Anda kerjakan.

Baca Juga:
Bantuan Modal Usaha Gratis Dari Pemerintah
Cara Mendapatkan Dana Hibah untuk Modal Usaha
Dana Hibah Modal Usaha, Cara Mendapatkannya

dana hibah gratis langsung cair, daftar bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2021, daftar bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2020, cara daftar bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2021, cara mendapatkan modal usaha, bantuan modal usaha partai perindo, daftar bantuan dana gratis 2020, bantuan modal usaha luar negeri.

Pertama, cara termudah untuk mendapatkan info mengenai modal dan sarana gratis dari pemerintah, maka Anda perlu pergi langsung ke lembaga pemerintah di wilayah tempat anda berada. Baik Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, atau dinas yang tangani program PKBL.

Kemudian Anda harus isi formulir yang ada mengenai data usaha Anda. Terhitung jenis bantuan yang Anda butuhkan. Lampirkan juga foto copy surat ijin yang Anda punyai. Seterusnya lembaga berkaitan akan lakukan lawatan dan survey lapangan untuk menyaksikan jika usaha Anda memang ada.

Apabila belum berhasil. Tentunya kita harus Kembali cari modal usaha gratis? Dan Tenang, ada banyak sumber. Mulai dana hibah sampai program pemerintah, semua ada.

Baca Juga; Bantuan Dana Gratis dari Luar Negeri

Memang, untuk ambil sebuah kesempatan usaha, beberapa aktor bisnis membutuhkan modal. Sekecil apa saja upayanya, terang perlu modal. Bahkan juga, usaha dropshipper yang di-claim bisa digerakkan tanpa modal juga kenyataannya juga perlu walau memang sangat sedikit.

Apa lagi jika opsinya adalah usaha berjualan barang. Pasti modalnya akan lebih besar karena perlu datangkan produk secara langsung.

Beda hal dengan usaha di bagian jasa yang memang lebih konsentrasi pada keterampilan si pemilik. Keperluan modal dalam wujud uangnya lebih kecil.

Sekecil atau sebesar apa saja modal yang diperlukan, pasti harus ada sumber keuangan usaha yang terang agar bisnis betul-betul bisa diperkembangkan.

Untuk itu, kami akan mengulas beberapa pintu rejeki yang bisa dibuka untuk mendapat modal usaha itu.

9 Sumber modal usaha gratis

Modal bisa dicari dari perseorangan, swasta, sampai pemerintah. Tetapi, yang harus diingat adalah jika tiap pencairan dana ada persyaratan pengajuannya. Ketahui satu per satu lewat pembahasan di bawah ini:

1. Cari pinjaman tanpa agunan dengan bunga rendah

pinjaman modal usaha dari pemerintah

pinjaman modal usaha dari pemerintah

Pertama kalinya ingin buka usaha sambilan dan mau mencari modal usaha, yang tebersit di pemikiran mayoritas orang adalah pinjam uang di bank.

Hal ini tidak seutuhnya salah, tidak seutuhnya betul. Karena bila bank yang diputuskan tidak pas, misalnya pinjaman online dengan bunga mencekik, maka pinjaman uang bisa berbuntut bencana.

Bank yang harus diputuskan oleh wiraswasta pemula adalah yang mau memberinya bunga rendah tanpa agunan. Kami mereferensikan perbankan yang sediakan KUR atau credit usaha rakyat.

KUR adalah program dari pemerintah untuk beberapa aktor UMKM yang ingin pinjam uang dengan bunga yang sangat rendah. Anda bisa ajukan pinjaman modal usaha KUR dari BUMN dan perbankan di Indonesia yang lain, misalnya BRI dan bank Berdikari.

Baca Juga Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM

Syarat pengajuan KUR biasanya adalah kartu jati diri, KK, surat info usaha (SKU), rekening koran 6 bulan akhir, dan lain-lain.

Biasanya, ada persyaratan tambahan berupa masa upayanya sudah harus jalan minimum dua tahun.

Dalam periode waktu ini biasanya bisa dilihat apakah upayanya sudah konstan atau belum. Juga bisa dipandang apakah si pemilik bisa atur keuangan dengan baik atau tidak. Sebagai bukti, Anda kemungkinan akan diminta catatan pembukuan toko.

Tetapi persyaratan ini tidak perlu terlampau dipusingkan, cukup disiapkan saja apa yang dibutuhkan. Karena faksi banklah yang kelak akan mengevaluasi, lakukan penilaian, dan analisis usaha. Sampaikan saja dahulu siapa yang tahu bisa disepakati.

Program dan contoh website bantuan modal pemerintah

Ada banyak sekali program modal usaha gratis dari pemerintah. Beberapa program ini diteruskan lewat kementerian atau instansi pemerintah, misalnya:

  • BEKRAF

Ini adalah salah satu instansi yang beroperasi di sektor ekonomi inovatif . Maka, jika bisnis yang sedang Anda lakukan beroperasi di sektor yang sama, maka silakan kerjakan pengajuan modal gratis di sini.

Pendistribusian dananya menggunakan pola BIP atau Bantuan Stimulan Pemerintah . Maka, nanti modal akan diteruskan lewat pola pemberian bantuan yang karakternya non perbankan.

Biasanya mekanismenya adalah seperti tambahan modal atau investasi. Silakan datangi website-nya langsung di bekraf.go.id.

  • Kementerian UKM dan Koperasi

Selainnya dalam wujud usaha inovatif, pemerintah juga keluarkan program pinjaman dana untuk UKM Indonesia yang jalankan usaha kecil. Modal ini bisa didapat langsung dari kementerian koperasi dan UKM.

Secara khusus, program pendanaan ini diatasi oleh Instansi Pengurus dana Berguling atau LPDB. Beberapa aktor UMKM perlu ajukan proposal usaha untuk memperoleh pinjaman dana ini.

Nanti, proposal yang masuk akan disaring dan untuk aktor usaha yang bisa lolos klarifikasi akan berpeluang untuk memperoleh modal sebesar 25 juta rupiah.

Pasti bantuan modal usaha dari pemerintah ini akan sangat menolong peningkatan usaha di depan. Tidaklah aneh jika banyak orang yang membidiknya.

Peroleh info lebih detil dengan buka website pendanaan.depkop.go.id.

Viral: Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

  • Program crownfunding

Apakah Anda pernah dengar istilah crownfunding? Jika belum, crownfunding adalah sistem pendanaan yang mengikutsertakan khalayak luas.

Salah satu contoh website crownfunding yang cukup populer di Indonesia adalah kitabisa.com. Selainnya situs ini, ada situs gandengtangan.com dan mewujudkan.com.

Jika diawasi secara langsung di website itu, maka Anda akan mendapati banyak sekali open bantuan atau galang dana untuk beberapa orang yang memerlukan.

Bahkan juga, terkadang link atau link bantuannya dibagi di sosial media. Salah satunya adalah instagram.

Anda bisa lakukan crowdfunding untuk cari modal usaha gratis lewat beberapa situs khusus pendanaan bisnis bersama. Sistemnya bisa pure pendanaan murni dengan alterasi saham, atau pendanaan berupa pinjaman.

  • Hibah dana usaha dari BUMN

Tiap perusahaan biasanya mempunyai program khusus untuk menolong lingkungan. Nach, salah satu program BUMN yang maksudnya untuk meningkatkan lingkungan adalah salurkan dana dalam bentuk Program Kerja sama dan Bina Lingkungan atau PKBL.

Pendistribusian dana lewat program Bina Lingkungan biasanya berupa dana hibah. Sementara dana yang dikeluarkan lewat program kerja sama mekanismenya bukan hibah (pinjaman).

PKBL ini bisa memberinya bantuan optimal Rp 200 juta. Proses pendistribusian dana berlainan, baik untuk hibah atau non hibah.

Bila Anda ingin mendapat dana hibah dari BUMN, maka prosesnya adalah ajukan proposal ke BUMN pembimbing. Seterusnya akan ada survey dari faksi BUMN apakah nanti akan ditampik atau disepakati.

Syarat Pinjaman Tanpa Agunan Bank BRI

Mencari bantuan uang gratis dari investor atau partnership

Anda bisa cari modal usaha gratis lewat teman atau investor. Mekanismenya, sampaikan proposal untuk mengongkosi bisnis yang sedang Anda lakukan saat ini ke teman, teman dekat, atau orang lain yang prospektif.

Pasarkan pada mereka berkenaan bolak-balik jika mau melakukan investasi pada bisnis yang Anda lakukan saat ini. Pasarkan untuk jadi investor atau bangun mekanisme partnership.

  • Pinjam dana ke teman atau keluarga

Teman atau teman dekat dan keluarga adalah orang yang paling dekat dengan kita. Tidak boleh sangsi untuk minta bantuan berupa pinjaman uang jikamana memang Anda membutuhkannya.

Jual barang bekas yang masih pantas pakai

Sebagian besar orang mempunyai barang bekas yang masih pantas pakai di dalam rumah. Beberapa barang seperti netbook bekas, HP bekas, sepeda motor bekas, atau sejenisnya bisa dipasarkan di OLX. Hasil uangnya bisa digunakan untuk buka bisnis baru yang memberikan keuntungan.

Jika Anda belum mempunyai account di OLX, silakan register akun OLX dahulu lalu mulai memasangkan iklan baris untuk beberapa benda bekas yang dipasarkan.

Menabung sendiri atau ikuti arisan

Sumber modal gratis selanjutnya adalah diri sendiri. Ini sebagai sumber dana yang paling rasional dan bisa diperjuangkan sendiri.

Anda bisa kumpulkan uang sampai batasan minimum modal terkumpul. Bila sudah terkumpul, silakan bangun usaha dengan modal yang ada secara tekun agar semakin besar.

Bila kumpulkan uang sendiri dirasakan susah, coba turut arisan. Ini adalah cara menabung yang lumayan gampang tetapi memberikan keuntungan karena pada saat memperolah dana arisannya Anda bisa langsung mengawali atau meningkatkan usaha yang sudah ada.

Tips sukses cari modal usaha gratis

Cari modal usaha gratis memang perlu perjuangan, jadi silakan turuti tips di bawah ini agar prosesnya bisa menyenangkan:

  1. Melengkapi data bisnis Anda seperti pembukuan dan surat info usaha. Document ini sangat sangat penting untuk pengajuan. Baik ke perbankan atau ke perseorangan.
  2. Belajarlah membuat proposal yang bagus dan berguna buat orang lain.
  3. Percaya dan optimis.
  4. Turut training usaha.
  5. Mau berusaha secara tekun.
  6. Tahan membanting dalam mencari tambahan modal. Mau coba kembali dan kembali.

Selainnya tips di atas, Anda juga harus berdoa agar proses cari modal usaha gratis sukses. Karena hasil akhir pengajuan disepakati atau tidak itu bergantung pada peruntungan. Kerjakan dengan semangat untuk membenahi ekonomi rumah tangga.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Untuk kamu yang pernah mengawali usaha, tentunya tahu modal usaha ialah kunci supaya usaha dapat jalan dan berkembang. Istilahnya, modal seperti bahan bakar untuk kendaraan. Tanpa bahan bakar, mobil tidak dapat jalan.

Selengkapnya baca di sini : Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Mencari modal usaha dari pemerintah

Sebaiknya cari tahu juga mengenai bantuan modal usaha partai perindo, cara mencari modal usaha tanpa hutang, mencari modal usaha hibah, cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial, cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah 2021, bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2020, cari modal usaha perorangan, cari donatur buat modal usaha

Persyaratan Mendapatkan Bantuan modal usaha gratis dari pemerintah

Tentu saja ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dengan calon peserta jika ingin terima BPUM. Semua ketetapan dan syaratnya itu sudah tercatat dalam Ketentuan Menteri Koperasi nomor 6 th 2020.

Yakni sekitar dasar pendistribusian bantuan dari pemerintah untuk pebisnis Micro. Maksudnya ialah agar ekonomi nasional kembali sembuh. Karena peranan aktor UKM besar sekali untuk ekonomi negara.

Hingga untuk jaga ekonomi secara nasional di periode wabah semenjak 2019, karena itu diberikanlah bantuan BPUM itu.

Berikut ini ialah syarat document agar terima bantuan modal usaha gratis dari pemerintah:

  • Tiap aktor usaha yang ajukan kontribusinya itu harus mempunyai Surat Info Usaha. Hal itu untuk menunjukkan jika peserta memang mempunyai usaha micro yang hendak disodorkan.
  • Tiap peserta harus mempersiapkan KTP, NIK, dan alamat rumahnya harus sesuai ktp. Disamping itu, tiap peserta harus juga lengkapi nomor telephone dan sektor upayanya.

Sesudah syarat-syarat document di atas tercukupi secara baik, karena itu pebisnis langsung bisa lakukan registrasi. Maksudnya ialah agar dapat memperoleh BPUM UMKM 2021 ini.

Pencairan Bantuan Modal Usaha Gratis dari Pemerintah

Untuk yang menerima BLT yang sudah terdaftar dapat mengontak Kantor Cabang BRI buat lakukan pencairan sekalian menyaksikan agendanya. Sesudah lakukan validasi, modal kontribusinya itu beritanya akan dikirimkan ke rekening mereka segera.

Cuman untuk memperolehnya, karena itu mereka wajib melakukan validasi ke bank dahulu supaya SPTJM selekasnya diberi tanda tangan. Surat pengakuan itu dipersiapkan oleh bank BRI, jadi Anda tinggal mengisinya saja langsung.

Dalam pada itu untuk yang menerima bantuan modal usaha gratis dari pemerintah yang belum mempunyai rekening harus membuat dahulu. Disamping itu, mereka harus juga bawa syarat pencairan sama seperti yang sudah dikatakan awalnya.

Jika document-nya tidak disanggupi, karena itu kontribusinya akan dibatalkan. Beberapa document itu mencakup foto copy KK, KTP, dan NIB. Tetapi walau demikian tidak seluruhnya aktor UMKM diberi bantuan oleh pemerintah langsung.

Karena kontribusinya cuman dikasih ke mereka yang belum pernah mendapatkan credit perbankan. Pada tahun ini, besaran BLT yang diberi sejumlah Rp1,dua juta karena besarannya dipotong sejumlah 50% oleh pemerintah.

Argumennya ialah dana pemerintah terbatas untuk memberinya bantuan sejumlah Rp2,empat juta. Yang jelas jika sudah sukses tercatat, janganlah lupa ketahui syarat bantuan modal usaha gratis dari pemerintah untuk mencairkan.

Pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah

Pinjaman modal usaha terbaik pertama kali yang dapat kamu pikirkan ialah KUR BRI. Ini sebagai pinjaman usaha micro dengan bunga bantuan dari pemerintah Pinjaman ini dikasih ke usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meningkatkan upayanya dengan mekanisme Fidusia.

Minimal ada 3 instansi yang dipilih pemerintah untuk salurkan pinjaman modal 10 juta rupiah dari pemerintah. Pemerintah lewat program Pendanaan Ultra Micro (UMi) memberi sarana pendanaan optimal 10 juta rupiah ke aktor usaha micro yang ada di susunan.

Nach, untuk lebih memajukan dunia usaha di Indonesia, pemerintah memiliki program untuk menolong aktor usaha dengan memberi pinjaman modal usaha dari pemerintah.

Pemerintah memiliki dua opsi modal usaha, yakni berbentuk credit dan bukan credit.

Credit

KUR

Untuk wujud credit, pinjaman modal usaha ini memiliki sasaran untuk pebisnis kecil dan menengah (UKM). Karena pebisnis UKM umumnya masih memerlukan suntikan modal untuk usaha mereka.

Pinjaman modal usaha dari pemerintah atau dikenali dengan KUR ini tawarkan bunga yang rendah karena ada bantuan dari pemerintah.

Kamu dapat ajukan pinjaman KUR lewat instansi perbankan punya pemerintah seperti bank BRI, bank Berdikari dan bank plat merah yang lain.

Bantuan Dana Gratis dari Luar Negeri

PKBL

Selainnya KUR, program pinjaman modal yang lain ialah Program Kerja sama dan Bina Lingkungan (PKBL), Program Nasional Pendayagunaan Warga (PNPM Berdikari.

Bila KUR, pengajuannya lewat bank pemerintah dengan limit pinjaman sampai Rp500 juta dengan persyaratan usaha yang sudah dilakukan tidak jadi agunan pada bank.

Dan PKBL pada intinya ialah wujud implikasi corporate social responsibility (CSR) dari BUMN, Walau pada praktiknya, PKBL semakin banyak memberikan pinjaman atau credit micro pada pebisnis kecil yang prospektif. Misalkan, pemberian dana pinjaman pada komune perajin gerabah dan lain-lain.

7 tanggapan pada “Modal Usaha Gratis, Cara Mendapatkan Modal Usaha”

  1. Ass, bpk/ibu yg terhormat kami butuh modal usaha biar kami bisa mensekolahkan anak kami & kami siap mencicil dalam pengembalian modal yg bpk/ibu berikan terimakasih

  2. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Para ikhwan donatur yang baik hati sudi kiranya dapat membantu saya memberikan uang seberapa saja recehan , saya kesulitan keuangan banyak hutang untuk makan, saya tdk punya rumah, masih kontrak , bilamana semua sudah teratasi saya berhenti meminta

    jazakillahu khairon katsiro

    uang bisa dikirim ke rek BCA indonesia 5680724247

  3. Mohon bantuan saya seorang ibu tunggal
    Sudi kiranya ibu bapa mau sedikit berbagi memberi sedikit rezeki dari ibu sama bapa untuk modal usaha kami, sekarang lagi trlilit hutang kami akan mengembalikan dengan menyicil jika berkenan memberi kami modal usaha untuk menghidupi keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.