Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah gampang-gampang susah. Tetapi, bukan berarti hal tersebut tak bisa terwujud selama ada usaha yang kita lakukan. Tidak menunggu begitu saja.

Baca Juga: Modal Usaha Gratis, Cara Mendapatkan Modal Usaha

bantuan modal usaha partai perindo, cara mencari modal usaha tanpa hutang, cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah 2021, bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2021, cara mendapatkan bantuan dari pemerintah lewat online, dana bantuan modal usaha dari presiden, cari donatur buat modal usaha, daftar bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2020

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah untuk UMKM Terlengkap!

Pinjaman modal usaha dapat menjadi satu diantara jalan keluar pintar yang dapat digunakan seorang yang pemula dunia usaha, dan perlu dana fresh jadi wiraswasta baru.

Untuk kamu yang pernah mengawali usaha, tentunya tahu modal usaha ialah kunci supaya usaha dapat jalan dan berkembang. Istilahnya, modal seperti bahan bakar untuk kendaraan. Tanpa bahan bakar, mobil tidak dapat jalan.

Baca Juga:

Bantuan Modal Usaha Gratis Dari Pemerintah

Cara Mendapatkan Dana Hibah untuk Modal Usaha

Dana Hibah Modal Usaha, Cara Mendapatkannya

Berpindah dari situ, pinjaman modal usaha ialah dana yang diberi faksi lain untuk meningkatkan usaha kamu. Jika dahulu pinjaman modal usaha terbatas di instansi perbankan, sekarang ini modal usaha dapat kamu bisa lewat pinjaman di instansi non-bank lewat cara online. Satu diantaranya, pinjaman modal usaha dari pemerintah yang dapat didapat dalam jumlah gak sedikit.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah atau Pinjaman modal usaha pemerintah ada banyak wujud. Ada yang berupa pinjaman uang seperti Credit Usaha Rakyat (KUR) yang dikeluarkan bank pemerintah, ada juga pinjaman berbentuk barang.

Daftar pinjaman modal usaha untuk UMKM

Sekarang ini gak cuman bank yang dapat memberikan pinjaman modal usaha. Ada pula pinjaman dari perusahaan fintech (financial technology) yang dapat kamu gunakan.

Baca Juga butuh dana hibah untuk bayar hutang

Bahkan juga, beberapa salah satunya tawarkan proses cepat, bunga yang enteng, dan modal usaha yang cukup besar.

Berikut lima cara mendapatkan pinjaman modal usaha:

1. Bank

Instansi perbankan sudah tentu jadi opsi khusus saat memerlukan dana dengan jumlah besar. Bank punyai banyak produk yang dijajakan untuk pinjaman modal usaha.

Ada produk pinjaman tanpa agunan, atau kerap disebutkan dengan Credit Tanpa Jaminan (KTA) yang prosesnya lebih cepat serta mudah karena gak perlu agunan apa saja. Dan produk pinjaman dengan agunan, di mana beberapa aset bernilai punya nasabah seperti kendaraan motor, tanah, property atau yang lain.

Baca Juga Modal Usaha Gratis dari Pemerintah Ini Cara Mendapatkannya

Walau sekarang ini bank punyai banyak tandingan, dari instansi keuangan non perbankan, tetapi gak lalu buat warga tinggalkan bank untuk pengajuan modal. Walau sebenarnya proses pinjaman uang dari bank itu termasuk njlimet.

Supaya pengajuan modal usaha kamu disepakati bank, bagusnya kamu harus persiapkan argument terang dan kejelasan prospect usaha kamu di masa datang. Persiapkan semua materi usaha yang diperlukan dan persiapkan jawaban prospektif dari pertanyaan yang bakal disodorkan bank kelak.

2. Peer to peer lending (P2P)

Perkembangan tehnologi sekarang ini secara gak langsung mempengaruhi cuaca dunia usaha. Selainnya meluaskan pasar, tehnologi jadi alternative untuk pinjam modal usaha. Satu diantaranya lewat perusahaan keuangan tehnologi atau financial technology dengan tipe peer to peer lending (P2P).

Baca Juga Donatur Untuk Bayar Hutang Silakan Dicek di Sini

P2P datang untuk mempermudah nasabah yang gak ingin ribet urus administrasi pinjaman modal usaha. Karena perusahaan ini memercayakan tehnologi untuk nasabahnya dalam ajukan pinjaman modal usaha.

Ide perusahaan ini ialah menghadapkan peminjam modal dan investor di mana sang pemberi modal ini nanti akan mendapat keuntungan dari bunga yang telah diputuskan. Selainnya keringanan administrasi karena gak perlu antre di bank, perusahaan P2P ini berani dalam memberikan modal, sampai capai Rp200 juta lebih.

Walau banyak keringanan di perusahaan ini, tetapi kamu harus tetap berhati-hati saat menentukan perusahaan financial technology untuk pinjaman modal usaha. Mencari info berkaitan PRP lending yang telah mendapatkan ijin dari Kewenangan Jasa Keuangan (OJK). Karena sekarang ini banyak perusahaan fintek ilegal, dengan bunga yang mencekik leher.

Baca Juga Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan Kontrak

3. Pay later

Kehebatan tehnologi benar-benar sangat menolong di zaman sekarang. Seperti perusahaan dompet electronic, produk instansi non perbankan. Sekarang ini, e money non-bank itu memiliki produk angsuran tanpa kartu credit atau umum dikenali dengan Pay Later.

Pinjaman modal yang dikeluarkan Pay Later ini dapat kamu gunakan sebagai modal kerja untuk mengongkosi pengeluaran operasional.

Nach, jika umumnya kamu gunakan feature Pay Later untuk keperluan konsumtif, sekarang dapat dech dicoba untuk aktivitas produktif. Pasti saja ini bisa saja cara lain kamu memikulgnkan usaha dan mendapatkan keuntungan.

Baca Juga Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang Coba Tips Ini

4. Perusahaan e-commerce

Tokopedia dan Bukalapak ialah contoh dari perusahaan e-commerce yang beli service pinjaman modal usaha lewat cara online. Cuman saja, pinjaman dana ini terbatas untuk merchant yang jualan di basis marketplace ini.

Misalkan, Tokopedia lewat produk Tokopedia Pinjaman Modal yang disebut kerja-sama marketplace ini dengan partner penyuplai pinjaman.

Maka di sini Tokopedia cuma untuk jembatan di antara merchant dan partner instansi yang mempunyai ijin memberinya pinjaman. Hingga saat ini Tokopedia telah bekerja bersama dengan 24 perusahaan partner penyuplai pinjaman.

Perusahaan e-commerce umumnya akan menyaksikan info merchant yang ada dalam basis. Dari sini perusahaan e-commerce akan memproses data transaksi bisnis dari merchant-nya untuk selanjutnya dilanjutkan ke partner penyuplai pinjaman.

Sebagai info tambahan, tiap partner penyuplai pinjaman punyai karakter pinjaman sendiri . Maka, tentunya persyaratan dan ketetapan yang berjalan juga berlainan satu sama yang lain.

Baca Juga Cara Mendapatkan Dana Hibah Dari Arab Saudi

5. Pinjaman modal usaha dari pemerintah

Nach, untuk lebih memajukan dunia usaha di Indonesia, pemerintah memiliki program untuk menolong aktor usaha dengan memberinya pinjaman modal usaha dari pemerintah. Pemerintah memiliki dua opsi modal usaha, yakni berbentuk credit dan bukan credit.

Credit

  • KUR

Untuk wujud credit, pinjaman modal usaha ini memiliki sasaran untuk pebisnis kecil dan menengah (UKM). Karena pebisnis UKM umumnya masih memerlukan suntikan modal untuk usaha mereka.

Pinjaman modal usaha dari pemerintah atau dikenali dengan KUR ini tawarkan bunga yang rendah karena ada bantuan dari pemerintah. Kamu dapat ajukan pinjaman KUR lewat instansi perbankan punya pemerintah seperti bank BRI, bank Berdikari dan bank plat merah yang lain.

  • PKBL

Selainnya KUR, program pinjaman modal yang lain ialah Program Kerja sama dan Bina Lingkungan (PKBL), Program Nasional Pendayagunaan Warga (PNPM Berdikari. Bila KUR, pengajuannya lewat bank pemerintah dengan limit pinjaman sampai Rp500 juta dengan persyaratan usaha yang sudah dilakukan tidak jadi agunan pada bank.

Sedang PKBL pada intinya ialah wujud implikasi corporate social responsibility (CSR) dari BUMN, Walau pada praktiknya, PKBL lebih banyak memberikan pinjaman atau credit micro pada pebisnis kecil yang prospektif. Misalkan, pemberian dana pinjaman pada komune perajin gerabah dan lain-lain.

Bukan credit

  • PNPM Berdikari

Berbeda kembali dengan PNPM Berdikari yang disebut program pengendalian kemiskinan khususnya yang berbasiskan pendayagunaan warga. Kemampuan pemerintah di program ini ialah memberinya servis ke warga miskin lewat peraturan, program dan penganggaran yang memihak pada warga.

Selainnya modal berupa uang, pemerintah memberinya bantuan modal usaha bukan berbentuk uang. Seperti yang sudah dilakukan Disperindag yang memberikan bantuan modal dapat berupa mesin, tenda kaki lima, kulkas, dan lain-lain untuk wiraswasta baru.

  • UMi

Pernah dengar pinjaman UMi? UMi ialah pendanaan ultra micro yang diberi pemerintah sebagai pinjaman modal usaha.

Dapat disebut, UMi punyai arah yang serupa dengan KUR. Perbedaannya, pinjaman modal usaha ini diperuntukkan pada beberapa orang yang perlu pinjaman Rp10 juta.

Pemerintah sediakan pinjaman modal usaha ini sebagai usaha menolong aktor usaha kecil atau micro yang punya niat berbisnis. Karena, gak sedikit yang kesusahan dalam terhubung KUR. Karena itu UMi disiapkan sebagai alternative opsi.

Sepintas mengenai UMi, pinjaman modal usaha dari pemerintah

Walau Credit Usaha Rakyat (KUR) telah disiapkan pemerintah, kehadirannya belumlah cukup menolong banyak aktor usaha micro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menyaksikan ini tentu saja pemerintah gak tinggal diam. Pendanaan Ultra Micro atau UMi disiapkan sebagai alternative untuk aktor usaha micro buat mendapatkan pinjaman modal usaha. Apa lagi program ini diperuntukkan membuat pengusaha-pengusaha baru.

Semenjak 2017, UMi bisa dijangkau beberapa aktor usaha micro yang perlu modal usaha. Karena ada program pinjaman modal usaha ini, aktor usaha yang dipastikan bank gak pantas pinjaman atau gak punyai jaminan dapat mendapat pinjaman dari program UMi ini.

Besar pinjaman yang dapat dicairkan dari UMi optimal Rp10 juta. Besaran bunga UMi selama ini sekitaran flat 0,95 % /bulan. Sementara tenornya dapat capai 48 bulan.

Untungnya kembali, jika sang debitur menuntaskan kewajibannya dalam pembayaran angsuran sampai lunas, sang debitur berpeluang bisa pinjaman KUR Micro sebesar Rp 25 juta sampai KUR Retail sebesar Rp500 juta.

Sama seperti yang dikabarkan Tribunenews, pemerintah merencanakan mengucurkan dana sampai Rp4 triliun sebagai bujet UMi.

Perbedaannya pinjaman modal usaha UMi dengan KUR

Memang betul UMi dan KUR sama program Pemerintah. Tetapi, UMi dan KUR punyai ketidaksamaan yang seharusnya perlu kamu kenali. Apa saja? Sama seperti yang diambil dari portal Kemenkeu, inilah perbedaannya:

  • Instansi penyalur: UMi diteruskan instansi keuangan bukan bank (LKBB), sedang KUR diteruskan perbankan atau instansi keuangan.
  • Besaran pinjaman atau plafon credit: UMi mengucurkan dana optimal Rp10 juta, sedang KUR mengucurkan optimal Rp25 juta (micro) dan Rp500 juta (retail).
  • Yang menerima pinjaman: UMi mengarah aktor usaha ultra micro, sedang KUR mengarah aktor usaha kecil dan menengah.
  • Tenor pinjaman: UMi tawarkan periode waktu pinjaman sampai 52 minggu, sedang KUR memberinya periode waktu lebih dari setahun.
  • Jaminan atau agunan: UMi gak minta persyaratan agunan atau jaminan buat pendanaan barisan, sedang KUR menyaratkan jaminan atau pinjaman.
  • Pengiringan dan training: UMi mengharuskan ada pengiringan dan training, sedang KUR gak mengharuskan.
  • Support Pemerintah: UMi bisa kucuran dana dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang diserahkan ke LKBB dengan bunga 2-4 %. Sementara KUR bisa bantuan bunga dari Pemerintah.
  • Proses pinjaman: UMi pakai proses LKBB, sedang KUR menggunakan proses perbankan.

Apa saja persyaratan yang dibutuhkan buat Ajukan UMi?

Untuk kamu yang tertarik ingin ajukan pinjaman modal usaha UMi, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi.

  • Usaha kamu gak kembali diongkosi instansi keuangan atau koperasi.
  • Orang yang ajukan dengan status sebagai WNI yang ditunjukkan melalui KTP.
  • Punyai ijin usaha atau surat info usaha.

Menariknya, andaikan saja orang yang ajukan UMi gak beri info secara jujur masalah ada kucuran pinjaman dari faksi lain, penyalur dan Pemerintah dapat ketahuinya.

Karena, penyalur dan Pemerintah punyai Mekanisme Info Credit Program (SIKP) yang menjadi database yang menerima UMi. Dari SIKP ini, penyalur dapat mengetahui sang calon debitur sedang punyai angsuran berjalan pada lain tempat atau gak.

Bagaimana cara peroleh UMi?

Sama seperti yang telah dijelaskan di atas, UMi diteruskan ke instansi keuangan bukan bank (LKBB) . Maka, pemerintah melalui PIP jadi sumber pendanaan UMi yang diteruskan ke penyalur, misalnya:

  • PT Pegadaian, yang programnya dinamakan Kreativitas UMi. Persyaratan yang perlu sedia jika sampaikan melalui Pegadaian ialah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).
  • PT Pendanaan Nasional Madani, yang programnya dinamakan Mekaar. Pemberian modal usaha dari instansi ini diperuntukkan buat barisan wanita prasejahtera.
  • PT Bahana Artha Ventura, yang programnya diberi nama Koperasi.

FAQ

Bagaimana cara mendapatkan modal UMKM dari pemerintah?

Untuk mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah, para pelaku UMKM harus memenuhi sejumlah persyaratan berikut:

  • 1. Warga negara Indonesia.
  • 2. Memiliki KTP elektronik.
  • 3. Memiliki usaha yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya.

Dimana cara daftar bantuan UMKM?

Datang ke Dinas Koperasi dan UMKM sesuai domisi dengan membawa berkas yang disyaratkan yang meliputi KTP, KK, SKU atau nomor induk berusaha (NIB). Ajukan bantuan dengan menyerahkan berkas yang dibutuhkan.

Gimana cara mendapatkan modal usaha?

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis

  • 1. Tabungan Pribadi. Salah satu cara paling mudah untuk mendapat modal usaha adalah dengan menggunakan tabungan sendiri.
  • 2. Jual Aset.
  • 3. Kredit Bank.
  • 4. Dari Konsumen.
  • 5. Mencari Rekan Bisnis.
  • 6. Pinjam Orang Terdekat.
  • 7. Suntikan Dana dari Investor.

Apa syarat Dapat Bantuan UMKM?

Syarat Pengajuan BLT UMKM 2021

Warga Negara Indonesia (WNI) Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Memiliki usaha mikro, dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan.

Langkah langkah untuk memperoleh dana untuk pemula?

Catat! Ini 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Pemula

  • 1. Menggunakan dana tabungan.
  • 2. Menjual aset pribadi.
  • 3. Tidak mau menjual aset? Gadaikan saja!
  • 4. Carilah investor untuk memodali usaha kamu.
  • 5. Ajak orang lain untuk joint venture.
  • 6. Pinjam uang ke teman atau saudara.
  • 7. Ajukan pinjaman ke bank dengan jaminan.

2 tanggapan pada “Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah”

  1. Assalamualaikum BPK ibu Darmawan..aku butuh bantuan aku terlilit hutang 70 juta aku sudah tidak kuat jalani kehidupan ini… No rek 0571144441.bca an Haryadi..wa 081541155198

    1. Salam Saya memohon kepada para donatur bapak atau ibu untuk membantu saya , karena saya butuh modal untuk usaha warung semoga yang membantu saya mendapatkan berkah ini nomor rekening saya 1750000244003 . Aan Handayani bank mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.