Dana Hibah Ialah dan Persyaratan Penerimaan Hibah

Dana Hibah Ialah dan Persyaratan Penerimaan Hibah

Dana hibah dari arab, syarat pencairan dana hibah, dana hibah masuk rekening, dana hibah amanah, cek dana hibah, dana hibah perorangan 2021, dana hibah perorangan 2020, dana hibah dari luar negeri

Dana Hibah Ialah

Dana Hibah ialah pemberian uang/barang atau layanan dari pemda pada pemerintahan atau pemda yang lain, perusahaan wilayah, orang dan organisasi kemasyarakatan, yang dengan detail udah dikukuhkan alokasinya, terdapat sifat tak harus dan tak mengikat, dan tak secara tanpa henti yang memiliki tujuan untuk mendukung penyelenggaraan pekerjaan pemda.

Bansos ialah pemberian kontribusi berwujud uang/barang dari pemda pada pribadi, keluarga, kumpulan dan/atau orang yang pembawaannya tak secara tanpa henti dan hati-hati yang memiliki tujuan membuat perlindungan kemungkinan pada berlangsungnya resiko sosial.

Simak Juga Cara Mendapatkan Dana Hibah Gratis Dari Luar Negeri

Resiko sosial ialah insiden atau insiden yang bisa menyebabkan potensi berlangsungnya kerawanan sosial yang ditanggung oleh pribadi, keluarga, kumpulan dan/atau orang menjadi resiko kritis sosial, kritis ekonomi, kritis politik, peristiwa alam dan petaka alam yang bila tak diberi belanja bansos akan bertambah tersungkur dan tidak bisa hidup pada situasi wajar.

Persyaratan Penerimaan Hibah

Hibah bisa diserahkan ke:

  • Pemerintah; hibah pada pemerintahan sebagai halnya dikatakan dalam pasal 5 huruf a diserahkan ke unit kerja dari kementerian/badan pemerintahan non kementerian yang lokasi kerjanya ada dalam wilayah yang berkaitan.
  • Pemda lainnya; hibah pada pemda yang lain sebagai halnya dikatakan dalam pasal 5 huruf b diserahkan ke wilayah otonom baru hasil pemekaran wilayah sebagai halnya diamanahkan aturan perundang-undangan.
  • Perusahaan wilayah; hibah pada perusahaan wilayah sebagai halnya dikatakan dalam Pasal 5 huruf c diserahkan ke badan usaha punya Wilayah dalam rencana penerusan hibah yang diterima pemda dari pemerintahan sesuai ketetapan aturan perundang-undangan.
  • Warga; hibah pada orang sebagai halnya dikatakan dalam pasal 5 huruf d diserahkan ke kumpulan orang yang punyai aktivitas khusus dalam sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan, kesenian dan kebiasaan istiadat.
    Organisasi kemasyarakatan; hibah pada organisasi kemasyarakatan sebagai halnya dikatakan dalam pasal 5 huruf e diserahkan ke organisasi kemasyarakatan yang dibikin menurut aturan perundang-undangan.

Baca Juga Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah Tanpa Jaminan

Hibah pada orang diberi dengan kriteria sekurang-kurangnya:

  • Mempunyai kepengurusan yang jelas; dan
  • Berkedudukan dalam lokasi administrasi pemda yang berkaitan.

Hibah pada organisasi kemasyarakatan diberi dengan kriteria sekurang-kurangnya:

  • Udah tercatat di pemda di tempat sedikitnya tiga tahun, terkecuali diputuskan lain oleh aturan perundang-undangan;
  • berkedudukan dalam lokasi administrasi pemda yang bersangkutan; dan punyai sekretariat selalu.
  • Laporan dan Pertanggungjawaban
  • Yang menerima hibah berwujud uang memberikan laporan pemakaian hibah pada kepala wilayah lewat PPKD dengan tembusan SKPD berkaitan.
  • Yang menerima hibah berwujud barang atau layanan memberikan laporan pemakaian hibah pada kepala wilayah lewat kepala SKPD berkaitan.

Siapa saja yang boleh menerima hibah?

Jawaban: siapakah yang bisa terima hibah sama sesuai pasal 8 ayat (1) PP Nomor 2 Tahun 2012 terkait Hibah daerah yakni seperti berikut: a. pemerintahan, b. pemda lain, c. Badan usaha punya negara atau badan usaha punya daerah , serta/atau, d. badan, instansi, serta organisasi kemasyarakatan yang memiliki badan.

Dari mana hibah berasal?

Hibah mengambil sumber dari dalam negeri serta luar negeri. Hibah yang mengambil sumber dari dalam negeri berawal dari: instansi keuangan dalam negeri, instansi non keuangan dalam negeri, Pemerintahan Wilayah, perusahaan asing yang berada serta lakukan aktivitas di area Negara Republik Indonesia, instansi yang lain serta individual.

Contoh naskah hibah?

Naskah Perjanjian Hibah Daerah, yang seterusnya dipersingkat NPHD yakni dokumen kesepakatan hibah yang mengambil sumber dari penghasilan APBN di antara Pemerintahan c.q. Menteri Keuangan atau kuasanya dengan kepala wilayah, atau dokumen kesepakatan hibah di antara pemberi hibah dalam negeri dengan Kepala Wilayah.

Apa hibah dapat dikasih ke pihak lain?

Problem hibah, hukum Islam miliki penglihatan yang serupa dengan analisis warga umum sampai kini, ialah hibah atau hadiah bisa dikasih ke orang yang lain bukan saudara kandung atau suami atau istri…. Object yang bisa menjadi hibah dapat mencakup uang, rumah, tanah, atau barang mempunyai nilai yang lain.

Apa hibah harus kesepakatan pewaris?

Hibah adalah kehendak bebas sang pemilik harta buat menghibahkan pada siapa sajakah yang dia kehendaki…. Karena itu, pemberian hibah harus mencermati kesepakatan dari banyak pewaris serta gak boleh menyalahi hak mutlak mereka.

17 tanggapan pada “Dana Hibah Ialah dan Persyaratan Penerimaan Hibah”

  1. Yayasan Pendidikan Islam Al-Aziziyah

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….
    salam silahturahim kami sampaikan kepada saudara seiman, semoga Allah Senantiasa selalu memberikan rahmat dan karunia Allah. Kami dari yayasan pendidikan islam Al-Aziziyah sangat membutuhkan bantuan untuk kebutuhan makanan dan pendidikan serta untuk pembangunan. haqqul yakin dengan izin allah dan segala kehendak allah ada dari para donatur yang bisa membantu untuk kemaslahatan di lembaga kami.
    dengan ini kami lampirkan no rekening lembaga. 0084-01-000842-53-9.
    Semoga lembaga kami mendapatkan anugerah yang tak di sangka-sangka dari hamba Allah.

  2. Assalamu’alaikum ,kami membutuhkan dana untuk usaha kami yang sdh fakum 2th karena covid dll, usaha Furniture ini no rek bank kmai BRI 7604-01-002142-53-0 an Ade karsa no hp 081281889749/085715444469

    1. Assalamualaikum. Saya sangat menbutuhkanbbantuan saudara berapaun nilainya. Saya terjerat hutang koprasi keliling di desa itupun hutang istriku dan selama ini saya tidak tahu sampai akhirnya bercerita bahwa punya hutang yg saya total 27juta dari hari senen sampai hari sabtu. 1 orang ada yg 80ribu X10 setoran. Perhari ada 4 sampai 5 orang. Mohon bantuannya. No rek 1330272992 BCA JOKO BINTORO. No hp 081393923795

  3. Bismillah
    Saya patmawati dari karawang, saya mohon bantuan nya agar saya bisa dapat pinjaman untuk melunasi hutang riba dan rentenir lain nya mohon bantuan nya, BRI 372801023488539 atas nm patmawati saya akan cicil semampu saya,saya butuh 30jta untuk bayar hutang saya hanya sanggup 1bln 1jta saja
    082122989973

  4. Mohon bantuan nya dana hibah karena usaha saya merosot sejak ppkm yg ke 2 mohon bantuan nya no rek saya 626401015462538 dan juga saya mau lahiran uang blom ada sama sekali mohon bantuan nya

  5. Assalamualaikum ,saya butuh dana buat anak kami yang nyantri ,sampai sekarang masih menunggak Beaya pendidikan yg cukup besar buat kami ke dua anak kami masih berpendidikan di dasar Ilmi Serang Banten mohon bantuan karena sy sebagai ortu yg terkena pademi di PHK dari Heri Muchtar 089696342733

  6. Saya membutuhkan bantuan modal,untuk bisnis saya yg sekarang sedang macet,sekiranya ada yg mau nembantu,,,saya akan mengembalikan tepat waktu,,,,,

  7. Ada sebidang tanah warisan dari kakek, sudah bermasalah sejak 40 tahun lalu karena pinjam meminjam, permasalahannya harus dilunasi untuk dapat mengambil sertifikat nya.mohon bantuan dana untuk mengurai benang yang kusut dalam keluarga ini agar bisa selesai.

  8. Saya butuh bantua dan untuk usah sat ini saya tidak punya kerjaan lagi jadi saya sankat butuh bantua..skli saya mohon sekali
    No:1301979745-BNI
    SAYA TITIP NOMOR REKENI SAYA

    1. Bismillahirrahmanirrahim, Usaha saya makin merosot, dengan kendala situasi ekonomi saat ini, saya ingin menambah modal dan bayar cicilan ke BRI yang sudah jatuh tempo, kiranya bisa membantu saya ucapkan terima kasih..dan kalaupun berkenan saya juga ingin pelebaran masjid, karena kalo pengajian jemaah sudah tidak masuk.
      Titip no rek 1008043384 BSI

      1. Assalammualaikum wr wb
        Bismillahirrahmanirrahim Semoga dengan ijin Allah SWT saya bisa mendapatkan Dana Hibah untuk membayar hutang2 saya, saya ingin terbebas dari hutang. Dan saya ingin membahagiakan kedua orangtua saya. Saya ingin memberangkatkan orangtua ke tanah suci. Aamiin Allahhumma Aamiin
        Semoga Allah memberikan kemudahan niat saya untuk melunasi semua hutang. Aamiin
        BRI 0012-0120-6047-506

      2. Assalammualaikum wr wb
        Bismillahirrahmanirrahim Semoga dengan ijin Allah SWT saya bisa mendapatkan Dana Hibah untuk membayar hutang2 saya, saya ingin terbebas dari hutang. Dan saya ingin membahagiakan kedua orangtua saya. Saya ingin memberangkatkan orangtua ke tanah suci. Aamiin Allahhumma Aamiin
        BRI 0012-0120-6047-506

    2. Urgent untuk bisa bayar utang dan bisa bayar SPP anak saya tidak bisa ngambil raport jika TDK lunas mohon sudikiranyaa bantu saya langsung transfer ke rekening BNI 0691100836 trimakasih sebesar-besarnya kepada para donatur Amin

    3. Yayasan anugerah kasih kota batu

      Yayasan ini,bergerak pada pelayanan rehabilitasi untuk anak difabel berat dari keluarga tidak mampu.yg ada di masyarakat,kami membutuhkan bantuajn dana hibah untuk pengembangan dn kelengkapan alat2 terapi untk melatih anak difabel.bila ada barokah yg dapat kami terima bisa kirim ke BRI no re.034401001272535. An.yulius mesar

    4. Muhammad Gazali Liambo

      Assalamu’alaikum wr.wb….kami membutuhkan dana untuk pembangunan masjid dan pembangunan pondok para santri As-Salam…dengan kehendak Allah SWT ada dari donatur yang Sudi membantu kemaslahatan di lembaga kami mendapatkan anugerah dari Allah SWT..amiin yra..
      No.rek. : BNI ; 0919050674

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.