Media Tanam Anggrek Bulan yang Bagus Buat Subur

Media Tanam Anggrek Bulan yang Bagus Buat Subur

Media Tanam Anggrek Bulan yang Bagus Buat Subur akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Silakan disimak hingga selesai. Kalau ada yang kurang silakan tambahkan saja di kolom komentar.

Lihat Juga

9 Cara Menanam Bunga Anggrek Bulan Di Rumah Memakai Pot

9 Media Tanaman Anggrek yang Pas

8 Cara Menanam Anggrek di Rumah

Hal penting lainnya yang perlu diketahui: cara menanam anggrek bulan, cara merawat anggrek bulan setelah berbunga, cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga, menanam anggrek dengan media air, media tanam anggrek dengan sabut kelapa, media tanam anggrek di pohon, menanam anggrek dengan media tanah, budidaya anggrek bulan pdf

BERIKUT MEDIA TANAM ANGGREK BULAN DALAM POT YANG BISA DIPILIH:

Menanam anggrek bulan sebetulnya gampang-gampang susah, dibutuhkan beberapa tehnik khusus supaya tanaman anggrek dapat sukses tumbuhnya. Untuk memperoleh bunga anggrek hasil tanaman Anda sendiri dapat Anda kerjakan secara 2 langkah.

Yakni menanamnya dengan media pot atau melekatkannya pada pohon. ke-2 langkah ini menjadi pilihan untuk Anda untuk mendapat tanaman anggrek bulan hasil tanaman sendiri. Penuturannya seperti berikut:

1. Cacahan kayu pinus (bark) Media Tanam Anggrek Bulan

Media Tanam Anggrek Bulan yang pertama adalah Cacahan kayu pinus (bark). Sebagai media tanam anggrek yang paling populer dipakai di negara 4 musim.

Cacahan pinus ialah media pot dengan drainase yang bagus yang memungkinkannya perputaran udara disekitaran akar anggrek, dan mempunyai kekuatan simpan air (tidak sekitar moss putih/coco chips).

Disamping itu, kulit pohon pinus membusuk secara perlahan-lahan hingga bisa repotting (penggantin media anggrek) bisa dilaksanakan 2 sampai tiga tahun sekali.

Anggrek bulan (Phalaenopsis) bisa tumbuh secara baik di kulit pohon pinus karena akar angbul mempunyai kekuatan fotosintesis dan bisa mempernyerap kelembapan dari udara. Hal terbaik yang ialah memakai kombinasi sphagnum moss dan cacahan kulit kayu pinus.

Mayoritas sumber perawatan anggrek mereferensikan media anggrek dengan pH di antara 5,5 dan 6,5 yang sedikit asam. Kulit kayu pinus, media tanam anggrek yang terkenal, dengan alami memiliki sifat asam dengan pH kerap sekitar di antara 4,0 – 5,0.

Jika kami pakai media anggrek (bark) siap gunakan yang kami membeli online, jika media anggrek yang dipasarkan di garden center cuma ada satu jenis untuk semuanya anggrek, walau sebenarnya setiap tipe anggrek perlu ukuran media yang lain, itu karena itu kami lebih sukai membeli online. Cacahan pinus sebagai media anggrek ada dalam beragam ukuran, bergantung tipe anggreknya, bila untuk anggrek seedling ukuran cacahan pinusnya benar-benar kecil.

2. Arang Media Tanam Anggrek Bulan

Media Tanam Anggrek Bulan berikutnya adalah arang. Arang untuk media anggrek bulan. Arang ialah media pot yang baik sekali untuk anggrek karena hilangkan berbau, mempernyerap endapan garam (untuk kurangi resiko akar terbakar) dan bisa mempernyerap zat beracun. Arang memiliki sifat kering, tidak gampang remuk, dan tidak gampang mempernyerap air, hingga perlu penyiraman seringkali untuk jaga kelembapan mediumnya.

Pada daratan rendah media anggrek yang memakai arang kayu umumnya disiram 2x satu hari. Pakai arang yang ukuran tidak besar, tidak begitu kecil. Pemakaian arang memungkinkannya perkembangan akar lebih bagus, tingkatkan drainase, dan memungkinkannya udara masuk ke pot.

kami sendiri sampai sekarang ini tidak pernah gunakan arang dengan jumlah banyak sebagai media anggrek bulan argumennya karena di Jerman kelembapan udaranya benar-benar rendah, bila kami gunakan arang anggreknya semakin lebih kering kembali. Arang berbentuk serbuk kami peroleh saat beli membeli coco chips.

kami pikirkan ingin coba media arang ini untuk mengambil keuntungan seperti bisa mempernyerap berbau, mempernyerap kelebihan garam (dari air penyiraman) dan mempernyerap zat toksin.

3. Spagnum moss atau disebutkan moss putih Media Tanam Anggrek Bulan

Spagnum moss atau disebutkan moss putih sebagai media tanam anggrek bulan. Moss putih ini baik untuk simpan air, hingga anggrek bulan tak perlu disiram tiap hari. Anggrek bulan suka juga media yang lembab tetapi tidak becek dan tidak boleh terlampau lembab/basah ya.

Spagnum moss ialah substrat yang lembut, dan bisa meredam air lebih bagus dibanding kulit kayu (pinus). Kekuatan simpan air menjadikan mediat yang baik sekali untuk anggrek seedling. Tetapi, moss putih tidak bisa memberi aerasi yang pas untuk respirasi akar bila terlampau sering dipakai.

Beberapa anggrek yang pas memakai sphagnum moss (atau campurannya): Cattleya, Oncidium, anggrek bulan (Phalaenopsis), dan Paphiopedilum.

Langkah memakai sphagnum moss untuk anggrek ialah rendam kering di air sepanjang 30 menitan atau satu hari awalnya lalu peras air yang berlebihan dan simpan moss di pot ratakan dengan jemari hingga seperti terlihat spons.

Sphagnum moss bisa dipakai untuk anggrek dalam pot menggantung, untuk anggrek yang ditempel di kayu atau papan pakis, di mana kayu/pakis dilapis spagnum moss seperlunya lalu simpan akar anggrek di atas susunan moss itu.

Spagnum moss menolong jaga media masih tetap hangat dan meredam kelembapan, jaga media supaya tidak cepat kering. Terkadang, moss putih digabung dengan media yang lain seperti arang atau kami pakai kombinasi cacahan pinus.

4. Coco chips / coconut husk Media Tanam Anggrek Bulan

Coco chips / coconut husk untuk anggrek / cacahan sabut kelapa sebagai media tanam anggrek bulan. Coco chips ialah potongan sabut kelapa, ada dalam beragam ukuran dari potongan yang paling kecil sampai gumpalan yang semakin besar.

Coco chips mempunyai kemampuan meredam air yang besar. Coco chips bisa kumpulkan air sampai 9 kali dari beratnya. Media Coco chips ini ada berbentuk yang dipadatkan dan tidak dipadatkan.

kami gunakan Coconut Husk Chips karena sabut kelapa lebih baik mempernyerap dan simpan air, daripada sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang kami pakai sejauh ini.

Ini kami mengetahui saat ingin beli anggrek cattleya wujud seedling, rupanya di olshpnya dipasarkan Coconut Husk Chips.

Saat sebelum dipakai metan coco chips ini harus dipendam air dahulu 1-2 hari ataupun lebih karena ada kandungan garam dan Tanin (zat anti nutrisi) dalam sabut kelapa.

Zat Tanin diikuti dengan warna merah bata yang keluar saat serabut kelapa dipendam air. Saat sebelum Coco chips dipakai rendam air sepanjang satu hari atau direbus sampai warna merah yang keluar menyusut.

Tanin pada sabut kelapa adalah dari zat-zat yang terdapat dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa bisa menghalangi perkembangan tanaman, hingga tanaman anggrek yang ditanamkan disabut kelapa jadi kerdil, bahkan juga mati.

Selainnya ada kandungan tanin, coco chip mempunyai fokus garam yang tinggi (terlebih bila pohon kelapanya tumbuh dekat sama laut). Tanaman Epifit dalam masalah ini anggrek peka pada garam, karena itu bagus loh jika gabungan dengan arang (baca keuntungan pemakaian arang di atas).

kami memakai coco chips untuk anggrek bulan dan cattleya, bahkan juga ada anggrek bulan besar semua media pot nya full gunakan coco chips dan perkembangan anggreknya baik sekali.

Tetapi kami punyai kejadian buruk berkenaan coco chips ini pada anggrek selop (Paphiopedilum). Salah kami sich mengapa semua anggrek selop kami pasangkan coco chips dan tidak coba satu anggrek paphio dahulu.

Mengakibatkan ada 4 atau 5 paphio kami mati serempak haha .. salah kami kembali tunda repotting/tukar mediumnya walau sebenarnya anggreknya kelihatan kurang sehat. Anggrek-anggrek paphio yang memakai full coco chips tumbuh bintik hitam pada daun dan sisi dekat akar, tanamannya pun tidak sehat (lusuh).

5. Cocopeat serbuk serabut kelapa Media Tanam Anggrek Bulan

Media Tanam Anggrek Bulan Cocopeat serbuk serabut kelapa untuk media anggrek sangat bagus dipakai, sebagai serabut kelapa yang telah disterilisasi. Coco peat memiliki sifat baik simpan air, 10 kali lebih bagus daripada media tanah.

Cocopeat mempernyerap kelembapan, tapi juga cepat jadi kering, hingga akar anggrek alami keadaan perkembangan yang lembab tapi tidak basah. Cocopeat selainnya dipakai untuk anggrek untuk tanaman pakis, bromeliad dan anthurium.

kami tidak pernah memakainya cocopeat untuk anggrek, jadi belum biasa beri ulasan bagus atau mungkin tidak untuk tanaman anggrek, peluang tahun depannya ingin kami coba cocopeat.

Wujud cocopeat ini hampir serupa tanah, lembut sekali serbuk sabut kelapanya. Umumnya kami memakai coco peat sebagia media untuk semai benih bunga, benih sayur dan bibit tanaman yang lain.

Itulah pembahasan mengenai Media Tanam Anggrek Bulan yang bagus ditiru. Silakan dipilih bahan yang gampang di dapat di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *