8 Cara Menanam Anggrek di Rumah

0
7
8 Cara Menanam Anggrek di Rumah
8 Cara Menanam Anggrek di Rumah

KRISTI.EU.ORG Kali ini akan mengulas cara menanam anggrek di rumah begitupula dengan cara menanam anggrek di tanah, cara menanam anggrek dengan sabut kelapa, cara menanam anggrek tempel, menanam anggrek untuk pemula, tuliskan cara menanam anggrek, 3 cara menanam tanaman anggrek, cara menanam anggrek bulan, cara menanam anggrek dengan arang, media tanam anggrek, cara menanam anggrek dengan media tanah, cara merawat anggrek, cara menanam anggrek di pohon, Apa media tanam yang dapat digunakan untuk menanam anggrek?, Apakah anggrek bisa ditanam di dalam air?, Bagaimana cara agar anggrek cepat berbunga?

Cara Menanam Anggrek di Rumah

Anggrek ialah tanaman yang memerlukan sinar matahari. Karenanya, bunga anggrek harus memperoleh cahaya matahari sepanjang lebih kurang 12-14 jam sehari-harinya.

Disamping itu, kita tidak perlu sering menyirami bunga anggrek. Tanaman ini perlu disiram 1 minggu sekali.

Bunga anggrek dijumpai sebagai salah satunya bunga elok dengan perawatan yang cukup memerlukan kecermatan.

Cara Merawat Anggrek Bulan Setelah Berbunga

Akan tetapi, bila kamu dapat ikuti beberapa langkah berikut karena itu anggrek yang ditanamkan bisa hasilkan bunga yang elok.

Dibaca bersama yok, panduan cara menanam dan menjaga bunga anggrek berikut ini:

Silakan disimak Cara Menanam Bunga Anggrek di bawah ini. Panduan Cara Gampang Menanam dan Menjaga Bunga Anggrek di Rumah

1. Lihat Tipe Anggrek

Anggrek ialah tanaman hias yang banyak memiliki varietas atau tipe. Karenanya, kita harus memperhatikan tipe anggrek saat sebelum menanamnya.

Ada banyak tipe anggrek yang condong lebih gampang perawatannya. Misalkan, tipe anggrek cattleya, anggrek moth, atau venus slipper.

Media Tanam Anggrek Bulan yang Bagus Buat Subur

2. Ukuran Pot

Bahan pot yang dapat kita pakai untuk menanam bunga anggrek ada dua, yakni pot plastik atau pot dengan bahan tanah liat.

Apabila sudah pilih bahan pot, kita juga bisa memilik pot memiliki ukuran kecil untuk menanam bunga anggrek.

Ini karena pot yang kecil akan membuat mekanisme akar anggrek tumbuh padat dan kuat.

O iya, janganlah lupa untuk pilih pot yang mempunyai lubang drainase. Hal tersebut supaya tempat tanam anggrek dapat jadi kering secara baik.

3. Mempersiapkan bibit bunga dulu

Cara pertama kali dalam menanam bunga anggrek tentu saja ialah menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Pembibitan yang sudah dilakukan ada dua cara, pertama ada pembibitan vegetatif dan yang ke-2 dengan cara generatif.

Untuk pembibitan vegetatif, kamu perlu mempersiapkan pot untuk tempat bibitnya. Lantas kamu dapat kerjakan perpecahan atau pembelahan dari induknya yang telah ada seperti tunas. Janganlah lupa tunas yang jadi bibit itu penting memiliki akar yang lumayan banyak dan kuat.

Bila kamu memakai cara generatif, karena itu kamu dapat lakukan penyemaian biji anggrek itu. Lantas janganlah lupa samakan situasi keadaan dari segi temperatur dan kelembapannya.

Karena bila situasi keadaan untuk penumbuhan kurang sesuai bibit anggrek, nanti dapat membuat anggrek tidak tumbuh dengan optimal dan sehat.

5. Mempersiapkan tempat tanam

Bila semua bibit siap, cara menanam bunga anggrek setelah itu kamu dapat mempersiapkan tempat tanam terbaik agar anggrek dapat tumbuh optimal.

Cukup hanya siapkan pot tanaman ukuran sedang, lalu persiapkan tempat tanam berbentuk kombinasi tanah, pupuk kandang peragian, serabut kelapa, kulit kelapa kering, arang, dan pecahan batu bata merah.

Untuk cara menambahnya ialah seperti berikut: kamu harus menempatkan dulu pecahan batu bata pada bagian paling bawah lalu dituruti menempatkan kulit kelapa, serabut kelapa, dan paling akhir ialah tanah yang telah tercampur pupuk kandang di teratas.

6. Penanaman dan perpindahan bibit

Perpindahan ini akan kamu kerjakan saat anggrek telah berusia 3 bulan. Karena ketika telah capai 3 bulan, tanaman anggrek sudah memiliki akar kuat dan lebat. Ini akan membuat anggrek bergerak mempernyerap air lebih optimal.

Proses pemindahannya lebih bagus kamu kerjakan pagi hari saat sebelum matahari terlampau terik. Ini agar anggrek tidak gampang layu.

Lantas janganlah lupa lihat peletakan bunga anggrek supaya tumbuh optimal yaitu dengan digantung di tembok/pohon lain. Juga bisa diletakkan di rack agar anggrek tidak gampang terserah jamur penyakit.

7. Cara menyirami

Sesudah ketahui cara menanam bunga anggrek, kamu harus juga tahu cara menjaganya khususnya dalam soal penyiraman. Biasanya anggrek lebih sukai dengan situasi keadaan lembap.

Walau bagaimanapun, janganlah lekas menyirami air ke bunga karena akan membuat susah mekar dan menghancurkan kuncup bunga.

Bila berasa terlampau kering dan anggrek perlu penyiraman langsung, lebih bagus kamu memakai penyemprot spray. Penyiraman ini dapat dilaksanakan pada bagian daun, tangkai, sampai bunga.

8. Pemberian Pupuk

Bunga anggrek dapat tumbuh dengan subur bila ditolong dengan pemberian pupuk cair tiap 2-3 minggu sekali.

Pilih tipe pupuk cair khusus untuk tipe anggrek yang ditanamkan. Jika memakai pupuk cair umum, turunkan ukurannya.

Nach, tersebut barusan cara menanam anggrek di pot dan beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat menjaganya.

Janganlah sampai salah menjaga supaya anggrek di dalam rumah tumbuh subur dan berbunga elok.

Lalu bila ingin tanaman anggrek lebih tahan lama dan terbebas gempuran hama dan penyakit, kamu dapat menyemprot cairan fungisida dan bakterisida.

Di mana cairannya benar-benar efisien dalam membunuh banyak bakteri dan jamur tanaman.

Cara Menanam Anggrek di Pot Plastik: Langkah-Langkah yang Perlu Anda Ketahui

1. Pilih pot plastik yang sesuai dengan ukuran anggrek yang Anda miliki. Pastikan pot memiliki lubang saluran air di bagian bawahnya.

2. Isi pot dengan media tanam yang sesuai. Media tanam yang baik untuk anggrek adalah campuran tanah gambut dan pasir.

3. Letakkan anggrek di pot dan tambahkan tanah di sekitar batangnya. Pastikan bahwa batang anggrek tidak terlalu tinggi di dalam pot.

4. Beri anggrek cukup air. Jangan terlalu banyak air, karena anggrek tidak suka tanah yang terlalu basah.

5. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Anggrek membutuhkan cahaya matahari langsung untuk tumbuh dengan baik.

6. Beri anggrek pupuk secara teratur. Pupuk yang baik untuk anggrek adalah pupuk kompleks yang mengandung unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan anggrek.

7. Periksa tanah secara teratur untuk memastikan bahwa tanah tidak terlalu kering atau basah.

8. Bersihkan pot secara teratur untuk mencegah penumpukan kotoran di dalamnya.

9. Pindahkan anggrek ke pot yang lebih besar jika anggrek terlihat terlalu padat di dalam pot.

Tips dan Trik Menanam Anggrek di Pot Plastik untuk Hasil Terbaik

1. Pilihlah pot plastik yang memiliki lubang saluran air di bagian bawahnya. Ini akan membantu mengalirkan air yang berlebihan dan memastikan bahwa tanah tidak terlalu basah.

2. Gunakan tanah yang kaya akan nutrisi dan berventilasi dengan baik. Tanah yang baik untuk menanam anggrek adalah tanah yang kaya akan humus dan berventilasi dengan baik.

3. Pastikan bahwa pot plastik Anda memiliki lubang saluran air di bagian bawahnya. Ini akan membantu mengalirkan air yang berlebihan dan memastikan bahwa tanah tidak terlalu basah.

4. Gunakan pupuk yang khusus untuk anggrek. Pupuk ini akan membantu meningkatkan kualitas tanah dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan anggrek.

5. Pastikan bahwa pot plastik Anda memiliki lubang saluran air di bagian bawahnya. Ini akan membantu mengalirkan air yang berlebihan dan memastikan bahwa tanah tidak terlalu basah.

6. Beri anggrek Anda cukup sinar matahari. Anggrek membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh dengan baik. Pastikan bahwa pot plastik Anda berada di tempat yang cukup terkena sinar matahari.

7. Beri anggrek Anda cukup air. Anggrek membutuhkan cukup air untuk tumbuh dengan baik. Pastikan bahwa Anda memberikan anggrek Anda cukup air setiap hari.

8. Jangan lupa untuk menyiram tanah di sekitar anggrek Anda. Ini akan membantu menjaga tanah tetap lembab dan menjaga anggrek tetap sehat.

9. Jangan lupa untuk membersihkan pot plastik Anda secara teratur. Ini akan membantu menjaga tanah tetap bersih dan bebas dari kotoran.

10. Jangan lupa untuk menyiram anggrek Anda secara teratur. Ini akan membantu menjaga anggrek tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Jenis-Jenis Pot Plastik yang Cocok untuk Menanam Anggrek

Ada banyak jenis pot plastik yang cocok untuk menanam anggrek. Beberapa di antaranya adalah pot plastik berlubang, pot plastik berlubang dengan tutup, pot plastik berlubang dengan saringan, pot plastik berlubang dengan saringan dan tutup, pot plastik berlubang dengan saringan dan tutup yang dapat dilepas, pot plastik berlubang dengan saringan dan tutup yang dapat dilepas dan pot plastik berlubang dengan saringan dan tutup yang dapat dilepas dan dapat dikunci.

Semua jenis pot plastik ini memiliki lubang di bagian bawahnya untuk mengalirkan air dan menjaga tanaman tetap sehat. Pot plastik berlubang dengan saringan dan tutup yang dapat dilepas juga memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah air yang masuk ke dalam pot.

Pot plastik berlubang dengan saringan dan tutup yang dapat dilepas dan dapat dikunci juga memungkinkan Anda untuk mengunci pot agar tanaman tidak terkena sinar matahari langsung. Semua jenis pot plastik ini sangat cocok untuk menanam anggrek.

Cara Merawat Anggrek yang Ditanam di Pot Plastik

Cara Merawat Anggrek yang Ditanam di Pot Plastik

Merawat anggrek yang ditanam di pot plastik tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat anggrek Anda:

1. Pastikan pot plastik yang Anda gunakan memiliki lubang saluran air di bagian bawahnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa air tidak menumpuk di pot dan menyebabkan kerusakan pada akar anggrek.

2. Pilih tanah yang tepat untuk menanam anggrek. Tanah yang baik untuk anggrek adalah tanah yang berpori dan mengandung banyak nutrisi.

3. Beri anggrek Anda cukup sinar matahari. Anggrek membutuhkan sinar matahari langsung selama sekitar 6-8 jam setiap hari.

4. Beri anggrek Anda cukup air. Air anggrek secara teratur, tetapi jangan terlalu banyak. Anda dapat mengetahui kapan anggrek Anda membutuhkan air dengan menyentuh tanah di sekitar tanaman. Jika tanah terasa kering, beri anggrek Anda air.

5. Beri anggrek Anda pupuk secara teratur. Pupuk yang baik untuk anggrek adalah pupuk yang kaya akan unsur hara seperti nitrogen, fosfor, dan kalium.

6. Jaga anggrek Anda dari hama dan penyakit. Hama dan penyakit dapat menyebabkan kerusakan pada anggrek Anda. Jika Anda menemukan hama atau penyakit, segera lakukan tindakan pengendalian hama.

Dengan melakukan semua tips di atas, Anda dapat merawat anggrek Anda dengan baik dan menikmati bunga-bunga indahnya.

Selamat mencoba!

Alamat Email Dermawan Arab Saudi

Aditya Kristanto memiliki pengalaman selama 9 tahun di dunia sosial dan berbagai aksi bantuan hibah dan sosial lainnya  dan kini menjadi vounder dari website https://kristi.eu.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here