Yayasan Pemberi Bantuan Sosial

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial sangatlah minim. Berikut ini akan dibahas yayasan yang kerap memberikan bantuan sosial kepada masyarakat atau bantuan lainnya.

Hal penting lainnya: yayasan pemberi bantuan sosial, pemberi dana hibah perorangan, pinjaman luar negeri untuk pribadi, alamat donatur luar negeri, alamat donatur arab saudi, cara mendapatkan dana hibah gratis dari luar negeri, dana hibah perorangan 2020, dana hibah dari luar negeri untuk perorangan 2021

Baca Juga: Yayasan Pemberi Modal Usaha Dalam dan Luar Negeri

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial

Lantas apa saja Yayasan Pemberi Bantuan Sosial yang dimaksud? Apakah yayasan tersebut tersebut tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia? Mari kita simak bersama.

1. Maharani Kemala Foundation (MKF)

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial yang pertama adalah Maharani Kemala Foundation atau kerap disingkat dengan kata MKF. Belum lama ini sudah salurkan Bantuan untuk Warga Lewat Tujuh Program yang mereka usung.

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Modal Usaha Gratis, Cara Mendapatkan Modal Usaha

Pengurus yayasan ini memang dikenal mempunyai jiwa kepedulian yang tinggi antara sama-sama, Maharani Kemala terus berusaha menolong beberapa orang disekitarannya.

Pemilik merek skincare MS Glow ini terdorong hatinya untuk menolong beberapa orang yang memerlukan bantuan. Bahkan juga, selama periode pandemi, terdaftar MKF sering menggelar tindakan sosial, seperti program bantuan paket isoman di 33 kota di Indonesia.

Maharani membangun MKF semenjak Juli 2021 kemarin. Wanita kelahiran Gianyar, Bali, 3 September 1988 itu mengutarakan argumen kenapa dianya membuat MKF.

“Sudah lama saya selalu ingin share antara sama-sama. Dengan demikian, saya dapat menolong beberapa orang yang memerlukan bantuan. Apa lagi di tengah-tengah pandemi semacam ini,” kata Maharani dalam penjelasannya, belum lama ini.

Baca Juga:

Bantuan Modal Usaha Gratis Dari Pemerintah

Cara Mendapatkan Dana Hibah untuk Modal Usaha

Dana Hibah Modal Usaha, Cara Mendapatkannya

Selama ini, kata Maharani, MKF sukses jalankan beberapa program bantuan. Minimal, ada 7 program bantuan yang telah dikerjakan oleh Maharani dan mitranya, yakni program paket Isoman di 33 kota dengan keseluruhan 2.638 paket yang tersalur, program paket sembako di Bali dengan 2.050 paket yang tersalur

Seterusnya, program pemberian oximeter untuk warga yang memerlukan, program bantuan 1 unit ambulans untuk warga di pulau Bali, program bantuan pemberian bangku roda, program 1.000 vaksin untuk warga Bali, dan program pembagian kasur gratis untuk warga yang memerlukan.

Pemilik Urban Air itu sampaikan terima kasih ke beberapa pihak berkaitan yang sudah menolong MKF dalam jalankan beberapa program bantuan ke warga yang memerlukan. MKF bekerja bersama dengan instansi-instansi dan yayasan lain.

“Dalam pendistribusian bantuan kami bekerja bersama dengan beberapa pihak seperti Polda Bali, Urban Company, MS Glow, MS Glow Clinic, Urban Air, Bank Urban, Urban Kilat, JNE, komunitas-komunitas yang berada di Bali, beberapa rumah sakit dan ada sekitaran 40 yayasan dan panti bimbingan di Bali,” katanya.

Ketua Yayasan MKF, Fita Fitri mengharap MKF terus berperan memberinya bantuan untuk warga, supaya kehidupan jadi lebih baik. “Besar kami harap mudah-mudahan semua bantuan yang MKF beri berguna untuk perkembangan negara dan bangsa,” tutup Fita.

Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan Kontrak

2. LDD KAJ

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial berikutnya adalah Daya Dharma Keuskupan Agung Jakarta atau biasa disingkat LDD KAJ.

Direktur Instansi Daya Dharma Keuskupan Agung Jakarta (LDD KAJ) Romo Kristiono Puspo Sj menjelaskan, pihaknya mengutamakan anak dari keluarga pra sejahtera jadi fokus utama dalam program bantuan sosial itu.

Romo Kristiono akui, LDD KAJ siap merencanakan konsentrasi keperluan pangan dan sekolah untuk anak-anak dari keluarga pra sejahtera. Untuk keperluan pangan, Romo Kristiono menjelaskan telah diperkirakan ada e-voucher yang bisa dipakai untuk belanja keperluan primer di warung paling dekat.

Untuk pengajaran, LDD KAJ telah sekian tahun memberi beasiswa ke anak-anak dari keluarga pra sejahtera yang diteruskan langsung ke sekolah.

Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang Coba Tips Ini

3. Yayasan Goodwill International

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial yang juga kerap memberikan bantuan adalah Yayasan Googdwill International.

Belum lama ini yayasan tersebut membuat kegiatan orientasi Leadership Development Scholarship Program. Sekitar 66 orang mahasiswa dan mahasiswi universitas Kampus Indonesia dan Kampus Pertanian Bogor (IPB University) asal dari beragam kota di Indonesia yang dilibatkan.

Program multi tahun ini bukan hanya memberi bantuan keuangan untuk ongkos hidup dan keperluan belajar dalam universitas. Tetapi memberinya rangkaian training, pengiringan dan menambahkan pengetahuan dan saran untuk beberapa peneriman beasiswa.

“Banyak yang menerima Leadership Development Scholarship berpeluang untuk study singkat ke Singapura, Australia, Amerika Serikat dan meneruskan studinya ke Jepang dan beberapa negara lain di Eropa,” kata Chairman Goodwill International, Nanang Pelajarnto dalam keterangan tertulisnya.

4. Yayasan Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI)

Yayasan Pemberi Bantuan Sosial lainnya yaitu Yayasan Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia atau kerap disingkat MPPI.

Kemarin, mereka menggelar aktivitas bakti sosial di Pulau Bengkalis, persisnya di Dusun Teluk Papal, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkais, Riau, Minggu (22/8/2021).

Kepala Dusun Teluk Papal, Lakuning Ratno benar-benar menyongsong baik aktivitas bakti sosial yang ditaja Yayasan MPPI ini. Apa lagi aktivitas ini searah dengan status Dusun Teluk Papal yang ada di garda paling depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) persisnya di Selat Malaka.

Nah, itulah 4 Yayasan Pemberi Bantuan Sosial yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Sebenarnya, masih ada beberapa lainnya yang memang bergerak di bidang bantuan dana untuk UMKM yang bakal dibeberkan pada artikel berikutnya.

******

Cara Yayasan Mendapatkan Dana

Cara yayasan mendapatkan dana pada umumnya beragam. Ada yang mencari dana dari masyarakat secara langsung dan bahkan ada juga yang mencari dana dari bantuan pemerintah.

Terkhusus pada cara yayasan mendapatkan dana dari pemerintah ini berbentuk dana hibah atau bantuan dana gratis. Mereka hanya tinggal membuat laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana yang telah mereka terima yang biasanya ditransfer langsung masuk ke rekening yayasan yang bersangkutan.

Pinjam Uang Tanpa KTP

Cara yayasan mendapatkan dana dari pemerintah ini pada umumnya pula terkadang bermasalah. Kadang dana yang sebenarnya ditujukan untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima tetapi tidak sampai dan bahkan disalahgunakan untuk memperkaya para anggotanya.

Hal ini tentunya sangat miris. Karena adanya cara yayasan mendapatkan dana tersebut dari pemerintah sehingga muncul praktek-praktek yang merugikan negara.

Sejarah telah mencatat ADANYA sangkaan hubungan yayasan dengan petinggi pemerintah atau anggota dewan membuat dana hibah bisa mengucur mulus. Karena sangkaan itu juga dana hibah dari Pemerintahan seperti Propinsi DKI Jakarta untuk yayasan nonprofit jadi rumor yang hangat dan memetik masalah.

Pada dasarnya cara yayasan mendapatkan dana dari pemerintah itu sudah diatur oleh undang-undang. Negara bisa memberi dana untuk yayasan bila yayasan mempunyai program kerja dan melakukan aktivitas yang mendukung program Pemerintahan Pusat dan/atau Pemerintahan Wilayah, yaitu berbentuk:

  • uang; dan/atau
  • jasa dan/atau wujud yang lain dapat dipandang dengan uang, dengan cara hibah atau mungkin dengan cara lain.

Kontribusi negara diberi atas dasar permintaan secara tercatat oleh pengurus yayasan ke;

  • menteri atau pimpinan badan pemerintahan nondepartemen yang ruang cakup pekerjaan dan tanggung jawabannya terkait dengan aktivitas yayasan; atau
  • gubernur, bupati, atau walikota pada tempat posisi yayasan dan/atau pada tempat yayasan lakukan aktivitasnya.

Permintaan itu dilampiri document:

  1. foto copy keputusan menteri berkenaan status tubuh hukum yayasan;
  2. foto copy keputusan menteri berkenaan kesepakatan peralihan bujet dasar yayasan, surat akseptasi pernyataan peralihan bujet dasar yayasan, dan/atau surat akseptasi pernyataan peralihan data yayasan, bila ada;
  3. foto copy tambahan Informasi Negara Republik Indonesia yang berisi bujet dasar yayasan;
  4. info berkenaan nama komplet dan alamat pengurus yayasan;
  5. foto copy neraca keuangan yayasan sepanjang 2 tahun akhir secara beruntun sesuai undang-undang;
  6. info berkenaan program kerja yayasan yang dan akan dikerjakan; dan
  7. pengakuan tercatat dari lembaga tehnis yang berkuasa di bagian aktivitas yayasan.

Yayasan yang terima kontribusi negara harus membuat dan sampaikan laporan tahunan yayasan tiap satu tahun sekali (di akhir tahun buku) ke menteri atau pimpinan badan pemerintahan nondepartemen, gubernur, bupati, atau walikota yang memberikan kontribusi itu. Laporan tahunan itu mencakup laporan aktivitas dan neraca keuangan.

Disamping itu, rangkuman laporan tahunan yayasan dipublikasikan di papan informasi di kantor yayasan.[6] Untuk yayasan yang mendapat kontribusi negara sejumlah Rp500 juta ataupun lebih, harus umumkan rangkuman neraca keuangan dalam satu tahun buku ke media massa harian berbahasa Indonesia.

Neraca keuangan harus diaudit oleh akuntan khalayak dan hasil auditnya dikatakan ke pembimbing yayasan dan tembusannya ke menteri dan lembaga berkaitan.

Perlu dicatat, kontribusi negara cuman bisa dipakai yayasan sesuai tujuan dan maksud dan aktivitas yayasan berdasar bujet dasar dan sama sesuai program kerja yayasan.

Kontribusi negara dilarang diarahkan atau dibagi langsung atau mungkin tidak langsung ke pembimbing, pengurus, dan pengawas, atau faksi lain.

Jadi kesimpulannya Cara yayasan mendapatkan dana adalah dengan melalui bantuan langsung dari pemerintah dan juga melalui masyarakat yang mana bisa secara langsung juga tak langsung.

23 thoughts on “Yayasan Pemberi Bantuan Sosial”

  1. Kami dari yayasan Ikhwanul Muslimin Paliat, ingin mengajukan proposal pengadaan lab Komputer untuk Pondok kami. Mungkin para donatur bisa mengkaver pengajuan kami.

    1. Assalamualaikum
      Saya atas nama Rusdiansyah memohon kepada BPK,ibu Sudi kiranya. Untuk membantu saya.pekerjaan saya sebagai kuli bangunan , ketika saya sedang bekerja saya terkena aliran listrik sampai ke 2 tangan saya di amputasi , dan sekarang saya tidak bisa lagi menafkahi keluarga saya ke 4 anak saya Sudi kira nya saya di bantu makasih sebelumnya wassalam

  2. Salam hormat.

    kepada pihak yg terkait,saya atas nama pimpinan pondok pesantren daarul gorbie arroudhoh,mengajukan permohonan bantuan dana untuk me-renopasi pesantren yg saya pimpin.

    Sekian terima kasih.

  3. Assalamualaikum.saya atas nama darmadi.ayah dari halatul fatehah.mangajukan permohonan bantuan dana.untuk biaya pengobatan.untuj ank saya.halatulfatehah

    1. Assalamualaikum, di daerah saya ( Bekasi timur ) sdng ada pembangunan masjid yg sampai saat ini terhenti karena kekurangan dana mohon bantuannya utk melanjutkan pembangunan masjid Al-Hidayah

    2. Assalmualaikum kami dari panitia pembangunan yayasan raudhatul huda segenap mencari donatur untuk sarana prasarana lembaga pendidikan baik ilmu atau ekonomi mengajukan penggalangan dana agar sarana segra terealisasi dan keinginan terwujud menciptakna genresai yg berilmu dan berwawasan

    3. Saya adalah ona pada saat ini saya membutuhkan biaya untuk pengobatan ayah saya yg kena penyakit Struk ringan

  4. Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

    Bapak/Ibu yth.
    Panti Asuhan dan Pesantren Gratis Jepara ( Al Muhtaj ), menerima shodaqoh Bapak dan Ibu berupa :
    1. Sembako
    2. Peralatan sekolah
    3. Peralatan ibadah
    4. Pakaian baik baru dan layak pakai
    5. Kendaraan
    6. Komputer, laptop
    7. Karpet
    8. Peralatan tidur
    9. dll

    Atau berupa dana dapat dikirim ke :
    BRI ( 002 )
    0611 01 001553 53 6
    an. Panti Asuhan Al Muhtaj

    Atau ke
    BSI ( 451 )
    7168899771 )
    an. Yayasan Al Muhtaj

    Informasi dan konfirmasi :
    0853-2528-4829

    Silahkan hadir ke :
    https://goo.gl/maps/zXQHYSemDHMvM6389

    mohon maaf jika kurang berkenan

  5. selamat sore, saya ingin mengajukan permohonan bantuan buat sahabat saya. namanya nining nuryanah dia seorang janda dengan 2 anak. anak yg pertama usia 5th dan anak ke 2 usia 3th. saya mohon agar yayasan peduli kasih bisa membantu dana buat biaya berobat yg mana dia sudah ada kurang lebih hampir 2th kena kanker saluran kandung kemih dan sudah dan saat ini sedang menjalankan kemoretapi memang biaya kemo di tanggung BPJS tp buat transportasi dll sangatlah minim dia. saya mohon jika berkenan bisa dapat dana bantuan buat sahabat saya nining. terima kasih sebelum. selamat sore

  6. assalamualaikum, saya atas nama pengelola Yayasan Pondok Pesanten Nurul Azim Al Mannan Lombok Timur NTB mohon bantua Bpak Ibu untuk pembangunan gedung TK Nurul Azim Al-Mannan. terima kasih atas perhatiannya di ucapkan terima kasih.

  7. Mohon bantuan untuk pembangunan asrama putra dan putri dan perlengkapan alat untuk praktik kerja untuk yayasan yatim piatu

  8. yayasan qalbu salam ansor

    assalamulaikum kami sebgai pengelola yayasan .dan yayasan kami menerima sodaqoh berupa saja untuk tempat belajar tpq dan kmi ingin membangun kelas lagi kmi terima apa saja mau berupa matrial hub 083894926371

  9. Bismillaah,saya salah satu pembimbing baitul iqro nur islamiyah,insya Allooh ditempat kami mengaji ingin menambah ruangan diatasnya,karena para santri sudah tidak tertampung,dan membutuhkan dana untuk melanjutkan pembangunan,smoga Allooh SWT menakdirkannya ini salah satu usaha kami menawarkan ladang amal kepada bapa/ibu smoga berkenan,dan Allooh SWT membalas dengan sebaik baik balasan,,,aamiin,,,

  10. Assalamu’alaikum…kpd pengusaha arab saudi…saya tdk bisa berkata2…saya mohon bantuan saudagar2 rab saudi…sudilah membantu saya…saya butuh dana untuk jualan…tolonglah kepada pengusaha2 arab saudi…semoga Allah membalas kebaikan sauda2..aamiin

  11. Yayasan Pendidikan Islam Al-Aziziyah

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….
    salam silahturahim kami sampaikan kepada saudara seiman, semoga Allah Senantiasa selalu memberikan rahmat dan karunia Allah. Kami dari yayasan pendidikan islam Al-Aziziyah sangat membutuhkan bantuan untuk kebutuhan makanan dan pendidikan serta untuk pembangunan. haqqul yakin dengan izin allah dan segala kehendak allah ada dari para donatur yang bisa membantu untuk kemaslahatan di lembaga kami.
    dengan ini kami lampirkan no rekening lembaga. 0084-01-000842-53-9.
    Semoga lembaga kami mendapatkan anugerah yang tak di sangka-sangka dari hamba Allah.

  12. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh Bpk sehàt Semoga selalu diberikan kesehatan Dan kelancaran aktifitasnya serta diberkahi rizqiñya aamiin alfaaatihah mohon bantuan untuk pembangunn madrasah diniya bangunannya hampir Roboh

  13. mohon bantuannya modal usaha ..pak. bu donatur …sy habis gulung tikar …hutang dan sekolah anak blom byr…kerjaan susah ..suami kena phk…sy ingin pinjam modal takut riba….jazakallahu khoiran

  14. Ingin meminta bantuan agar di berikan motor grobak roda 3 untuk usaha saya yaitu mengambil sampah di lingkungan saya ,,

  15. Samirudin. L. Songge.

    Ass.wr.wb. mohon bantuan biaya pendidikan buat anak saya.karena kami ingin melanjutkan anak kami ke perguruan tinggi tapi kami tidak mampu karena kami tergolong kk tidak mampu..terimakasih

  16. Yayasan Revolusi Hati Insani

    Kami dari saat ini membutuhkan bantuan dana pembangunan panti asuhan. lokasi pembangunan di Dusun Lendang Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara NTB. Lokasi pembangunan ini Ditanah wakap seluas 8.50 are dan kami hajatkan sebagai tempat melatih keterampilan anak terlantar, yatim piatu dan anak kurang mampu untuk belajar keterampilan yang akan menunjjang kehidupan mereka kedepan. Bagi Bapak/ibu/saudara.saudari yang ingin membantu silahkan hubungi nomor 087864341634 atau 087763356057. semoga tuhan membukakan jalan untuk kita semua, amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.