Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM

Cara mendapatkan modal usaha dari kementerian koperasi dan ukm tentunya adalah hal mudah. Tetapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Cari tahu juga mengenai cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial, cara mengajukan proposal usaha ke pemerintah, daftar bantuan umkm 2021, daftar online bantuan umkm, cara mendapatkan bantuan dari pemerintah lewat online, cara mendapatkan bantuan umkm, bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2020, cara mendapatkan bantuan dana dari pemerintah

Baca Juga Modal Usaha Gratis, Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM

Cara Dapatkan Bantuan Pemerintah untuk UKM

Calon penerima Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM) adalah mereka yang tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan atau Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Beberapa pebisnis mikro dan kecil pada akhirnya bernapas lega karena semenjak 24 Agustus 2020, pemerintah telah salurkan bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro atau disebutkan Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM).

Baca Juga: cari donatur buat modal usaha

Nilainya sejumlah Rp2,empat juta untuk tiap penerima faedah. Diharap dari bantuan sosial langsung ini kelompok UKM yang terimbas karena wabah Coronavirus disease 2019 (Covid-19) mulai produktif dan menggelindingkan kembali usaha mereka.

Meski begitu ada Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM ini. Dalam hal ini ada syarat yang mesti dipenuhi.

Pemerintah sendiri menarget 12 juta UKM jadi penerima bantuan itu. Dana bantuan itu akan ditransferkan langsung ke rekening beberapa penerima.

Baca Juga Dermawan yang Mau Meminjamkan Uang

Apa persyaratan yang harus disanggupi untuk menerima BPUM ini? Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM ini bagaimana?

Berbagai ketetapan untuk mendapatkan bantuan ini tercantum pada Ketentuan Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Republik Indonesia nomor enam tahun 2020 mengenai Dasar Umum Pendistribusian Bantuan Pemerintah untuk Aktor Usaha Mikro untuk Memberikan dukungan Rekondisi Ekonomi Nasional dalam Kerangka Hadapi Teror yang mencelakakan Ekonomi Nasional dan Pengamanan Ekonomi Nasional pada Periode Wabah Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Persyaratan itu adalah seperti berikut:

  • Warga Negara Indonesia;
  • Mempunyai nomor induk kependudukan (NIK);
  • Untuk aktor usaha mikro yang mempunyai alamat KTP dan domisili usaha yang berlainan, dapat menyertakan surat info usaha (SKU)
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan atau kredit usaha rakyat (KUR);
  • Mempunyai usaha mikro yang ditunjukkan dengan surat saran calon penerima BPUM dari pengusul BPUM dan tambahannya yang sebagai satu kesatuan;
  • Bukan aparat sipil negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, karyawan BUMN, atau karyawan BUMD.

Baca Juga Modal Usaha Gratis dari Pemerintah Ini Cara Mendapatkannya

Dan, calon penerima BPUM harus diusulkan oleh pengusul BPUM. Beberapa pengusul BPUM itu adalah:

  • Kementerian/Instansi
  • Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di propinsi dan kabupaten/kota
  • Koperasi yang sudah ditetapkan sebagai badan hukum
  • Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang tercatat di Kewenangan Jasa Keuangan (OJK)
    Instansi penyalur kredit pemerintah.

Tata cara pendistribusian BPUM mencakup pengusulan calon penerima, pembersihan data dan validasi data calon penerima, dan penentuan penerima. Nah, itulah Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca Juga Donatur Untuk Bayar Hutang Silakan Dicek di Sini

Seterusnya, dana bantuan akan dicairkan langsung ke rekening penerima BPUM dituruti dengan laporan pendistribusian dana bantuan itu lewat melalui pesan singkat (SMS) lalu lakukan klarifikasi ke bank penyalur untuk pencairan.

Pemerintah sudah menunjuk BRI, BNI dan Bank Syariah Berdikari sebagai bank penyalur Banpres Produktif. Untuk usaha mikro dan kecil yang belum mempunyai rekening ke-3 bank itu akan dibuatkan di cabang bank tempat pencairan bantuan.

Tidak ada ongkos administrasi dan pengembalian pada banpres produktif karena bantuan ini sebagai dana hibah, bukan utang atau kredit. Penerima tidak diambil ongkos serupiahpun dalam pendistribusian banpres produktif untuk usaha mikro.

Baca Juga Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan Kontrak

Data saran penerima bantuan bisa dikatakan lewat e-mail Kementerian Koperasi dan UKM, yakni bp2020@kemenkopukm.go.id atau bp2020@depkop.go.id.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM ini tentunya harus mendaftar terlebih dahulu di situs tersebut.

Bagaimana Cara Check Penerima bantuan BPUM?

Untuk menyaksikan apa calon penerima faedah telah bisa lolos klarifikasi atau belum, aktor usaha yang sudah mendaftarkan cukup berkunjung situs sah bri bpum. kemudian isilah nomor KTP, dan code klarifikasinya. Bila pengakuan kekeliruan ada, halaman bisa disegarkan kembali.

Sebaiknya Anda memeriksa langsung di kantor Bank BRI dengan bawa syarat document pencairan bantuan UMKM 2021.

Baca Juga Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang Coba Tips Ini

Dengan semua keringanan yang dipunyainya, tentu saja Anda akan bertanya apa bantuan UMKM itu gratis.

Program Banpres BPUM atau BLT UKM bukan kredit atau utang, tetapi hibah. Oleh karenanya, penerima tidak akan dikenai ongkos apa saja pada proses pendistribusianannya.

Demikian artikel berkenaan bantuan UMKM sebesar 2,empat juta rupiah yang sebagai bantuan langsung pemerintah sebagai salah satunya wujud usaha pemerintah untuk memantapkan ekonomi warga di tengah-tengah pandemi Covid-19.

2 thoughts on “Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM”

  1. I wayan agus adnyana

    Saya kepingin sekali dapat bantuan blt umkm dari pademic sampai sekarang belum pernah dapat bantuan pendanaan modal warung klontong orang tua

  2. Saya ingin sekali mendapatkan bantuan buat modal usaha, agar bisa bantu ekonomi keluarga. Apalagi tahun depan anak anak mau masuk pendaftaran smp dan sma. Mohon bantuan dari pemerintah untuk lebih peduli dengan rakyat kecil, bantuan pemerintah sangat berarti buat kami. Salam sejahtera

Leave a Reply

Your email address will not be published.