Modal Usaha Gratis dari Pemerintah Ini Cara Mendapatkannya

modal usaha gratis dari pemerintah

Modal Usaha Gratis dari Pemerintah Bagi Pelaku UMKM kini sudah sangat banyak. Sayangnya tak semua orang tahu bagaimana cara mendapatkannya. Akibatnya banyak orang yang merasa tak pernah dibantu oleh negara.

Berikut ini akan dibeberkan terkait hal tersebut dan hal apa saja yang mestinya dilakukan agar suatu hari nanti juga bisa merasakan bantuan dari pemerintah. Silakan disimak!

Kamu juga bisa cari tahu di kristi.eu.org mengenai bantuan modal usaha partai perindo, bantuan modal usaha online, daftar bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2021, modal usaha gratis dari program crowdfunding, bantuan modal usaha untuk pemula, bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2020, bantuan modal usaha baznas 2021, bantuan modal usaha perorangan

Lihat Juga donatur pelunasan hutang

Hal terpenting tentunya apakah kamu Telah tahu mengenai bantuan modal usaha gratis dari pemerintah? Kalau tahu maka Ya, bantuan itu namanya Bantuan Stimulan Pemerintah atau Bantuan Insentif Pemerintah (BIP).

Bantuan ini sendiri mulai dikeluarkan pada 2021 dan menargetkan beberapa pelaku usaha yang bergerak di subsektor usaha tertentu.

Lalu, apa subsektor usaha yang memiliki hak atas bantuan modal usaha gratis yang dijajakan pemerintah ini? Siapakah yang dapat ajukan dan memperolehnya, lantas apa saja ketentuannya? Untuk menjawab beberapa pertanyaan ini, silahkan baca keterangan ini.

J‍adi kalau ingin dapat bantuan UMKM online gratis dari pemerintah? Dalami dahulu mekanisme pengajuan, cara pendaftaran, dan pencairan bantuan di sini.

2 Kelompok Bantuan Modal Usaha Gratis dari Pemerintah

BIP sendiri mempunyai dua kelompok bantuan, yaitu reguler dan jala pengaman usaha. Pertanyaannya, kurang lebih apa ketidaksamaan dua kelompok bantuan ini? Baca penuturannya berikut ini, ya!

1. BIP Reguler adalah modal usaha gratis dari pemerintah

Kelompok BIP yang pertama ialah BIP Reguler. Kelompok ini diperuntukkan untuk menambahkan modal kerja dan/atau investasi, persisnya pada pos aktiva masih tetap. Dengan demikian, beberapa pelaku usaha pariwisata dan ekonomi inovatif dapat terus jalankan, atau bahkan juga tingkatkan kemampuan usaha dan produksi mereka.

BIP Reguler ditujukan bagi badan usaha yang sudah memiliki badan hukum, yakni Perseroan Terbatas (PT), yayasan, koperasi, atau CV. BIP Reguler cuman diutamakan bagi usaha yang menekuni pada 6 subsektor ekonomi inovatif dan 13 tipe bidang pariwisata.

Tetapi sayang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovatif sudah menggagalkan pemberian BIP Reguler 2021 ini. Argumennya ialah dana BIP Reguler diarahkan untuk pengatasan dan rekondisi COVID-19.

Lihat Juga doa butuh uang mendesak

Keputusan itu sudah diputuskan lewat Surat Menteri Keuangan Nomor S-584/MK.02/2021 tanggal 6 Juli 2021 hal Refocusing dan Realokasi Berbelanja Kementerian/Instansi TA 2021, Nota Dinas Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Khusus Baparekraf Nomor B/KU.00.07.975/S/2021 mengenai Refocusing dan Realokasi Berbelanja TA 2021 pada 12 Juli 2021, dan Surat Nomor B/KU.00.07/1001/S/2021 Hal Refocusing dan Realokasi Berbelanja TA 2021 Tahapan IV.

Saat sebelum sah diurungkan, gagasannya jumlah bantuan yang hendak diberi pemerintah untuk BIP reguler ialah sejumlah Rp200 juta.

2. BIP Jaring Pengaman Usaha salah satu modal usaha gratis dari pemerintah

Selainnya BIP Reguler, ada pula BIP Jala Pengaman Usaha (JPU). Pemberian BIP JPU masih tetap dikerjakan sama sesuai gagasan ingat penerimanya sudah dipilih dan dipublikasikan.

Kelompok ini diperuntukkan untuk menambahkan modal kerja dan/atau investasi aktiva masih tetap. Targetnya ialah beberapa pelaku usaha pariwisata dan ekonomi inovatif, terutamanya di bagian kulineran, kriya, dan mode yang terimbas wabah.

Berlainan dengan BIP Reguler, BIP JPU 2021 dapat dituruti oleh semua tipe badan usaha. Untuk tahapan penyeleksiannya termasuk lebih gampang, hanya karena melalui penyeleksian administrasi dan kurasi proposal. Sementara untuk besarannya, BIP Jala Pengaman Usaha memberi keseluruhan bantuan sejumlah Rp20 juta.

Tak bisa dipungkiri. Kondisi ekonomi yang alami krisis karena wabah membuat beberapa orang kehilangan tugas.

Intip Juga pinjaman karyawan kontrak ini syaratnya

Dari mereka, cukup banyak yang membulatkan tekad buka usaha untuk menyambung hidup. Walaupun diawali dengan modal kurang, rupanya banyak pula yang perlahan-lahan sukses penuhi keperluan setiap hari melalui membuka usaha.

Buka usaha saat wabah kedengar perlakuan ngotot. Tetapi, karena bantuan UMKM dari pemerintah, Anda dapat melanjutkan niat itu. Bagaimana mekanisme pengajuan, cara pendaftaran, sampai pencairan bantuan dana usaha itu?

Silahkan baca penjelasannya berikut ini.

‍Ketidaksamaan Bantuan UMKM Tahun 2020 dan 2021 2022 hingga sekarang

Pertama, harus dipahami jika bantuan modal dari pemerintah tahun 2020 dan 2021 alami ketidaksamaan jumlah. Pasti ini harus Anda perhatikan saat sebelum cari tahu cara memperoleh bantuan UMKM.

Dikutip dari situs Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (KEMENKOP UKM), Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menjelaskan bantuan usaha UMKM 2020 yang diterima pelaku usaha sejumlah Rp2,empat juta. Keseluruhan bujet tahapan awalan yang digulirkan pemerintah sebesar Rp22 triliun dan sudah dibagi ke sekitaran 14 juta pelaku usaha micro.

Bantuan sosial produktif ini diperuntukkan untuk pengembangan atau menambahkan modal usaha UMKM . Maka, harus betul-betul dipakai sebagai tambahan modal kerja, tidak untuk beli barang yang lain tidak berpengaruh pada performa usaha yang dipunyai.

Sebaiknya cari tahu juga mengenai bantuan untuk pedagang kecil, bantuan wirausaha pemula 2020, daftar bantuan dana gratis 2020, program pemerintah untuk umkm, pinjaman modal usaha secara online, cari modal usaha tanpa jaminan, dana hibah perorangan 2020, cara mendapatkan dana hibah untuk modal usaha 2020, bantuan modal usaha gratis 2019, daftar usaha umkm, dana ukm desa

Oleh karenanya, pemerintah percepat persiapan dasar hukum, mekanisme pendistribusian, dan pemantauan bantuan itu. Proses validasi dan klarifikasi data juga jadi berlanjut hingga bantuan dana usaha itu sampai pada tangan yang akurat.

Lihat Juga syarat pinjam uang di bank bri

Sesudah program modal usaha gratis dari pemerintah itu berjalan pada bulan Agustus 2020, KEMENKOP UKM kembali menggelindingkan program Bantuan Presiden Produktif Usaha Micro (BPUM) pada Maret 2021. Hal itu telah dipastikan langsung oleh Direktur Jenderal Bujet Kementerian Keuangan, Askolani, dalam informasi yang dikutip dari CNBC Indonesia.

Askolani memperjelas jika besaran modal usaha dari pemerintah pada tahun 2021 sekitaran Rp1,dua juta atau menyusut separuhnya dari bantuan sama pada tahun 2020. Sasaran awalnya bantuan ini diperuntukkan ke 9,delapan juta UMKM dan masih dapat semakin bertambah.

‍Persyaratan Calon Yang menerima Bantuan Modal Usaha dari Pemerintah

Program pemerintah ini diperuntukkan ke beberapa pemilik usaha micro, tapi tidak dapat dikasih ke semua warga yang beroperasi di sektor UMKM. Pemerintah memutuskan persyaratan atau persyaratan calon yang menerima bantuan UMKM online supaya pas target.

Persyaratan yang menerima modal untuk usaha versus 2020 atau 2021 relatif sama, diantaranya:

  1. Pelaku usaha harus berwarganegara Indonesia.
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Memberi tambahan Surat Info Usaha (SKU) bila alamat domisili usaha dan KTP berlainan.
  4. Sedang tidak terima pendanaan atau credit perbankan, atau credit usaha rakyat atau KUR karena bantuan ini cuman untuk pemilik usaha yang tidak dapat terhubung utang apa saja.
  5. Tidak dengan status sebagai anggota TNI/POLRI, aparat sipil negara, karyawan BUMD, atau karyawan BUMN.
  6. Calon peserta cuman mempunyai asset optimal Rp1 miliar, tidak terhitung bangunan dan tempat usaha (sama sesuai UU No. 11 Tahun 2020 mengenai Cipta Kerja).
  7. Usaha micro sudah ditunjukkan melalui surat saran calon yang menerima BPUM.

Khusus point ketujuh, agar bisa mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah maka calon yang menerima bantuan usaha UMKM perlu kantongi referensi dari pengusul BPUM, yakni:

  • Instansi atau kementerian
  • Dinas Koperasi dan Usaha Micro, Kecil, dan Menengah tingkat kabupaten/kota dan propinsi
  • Koperasi yang memiliki badan hukum
  • Instansi perbankan, dan perusahaan pendanaan sah OJK
  • Instansi penyalur credit punya pemerintah.

Lihat Juga doa butuh uang mendesak

Mekanisme Pengajuan Bantuan

Lalu, bagaimana dengan mekanisme pengajuan bantuan modal kerja gratis ini? Ada dua cara memperoleh bantuan UMKM dari pemerintah.

Tiba langsung ke Dinas Koperasi dan UKM di tempat untuk mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah

Anda dapat lakukan cara pertama ini dengan ikuti beberapa langkah ini.

  • Siapkan document yang sudah diisyaratkan awalnya.
  • Kontak Dinas Koperasi dan UKM di tempat sama sesuai domisili usaha Anda. Di sini, Anda sedang menyarankan atau ajukan diri ke pengusul BPUM (saksikan info di atas).
  • Saran itu akan diolah oleh Dinas Koperasi dan UMKM propinsi dan ditembuskan ke tingkat kementerian. Apabila sudah mendaftarkan, dinas berkaitan akan lakukan klarifikasi buat memeriksa kesesuaian data dan pastikan info yang ditempatkan telah betul.
  • Bila Anda ingin ketahui status calon yang menerima, silahkan check status lewat link https://eform.bri.co.id/bpum dengan masukkan NIK komplet dan code klarifikasi. Teruskan dengan ikuti perintah yang diberi sampai Anda dapat ketahui apa mendapat bantuan atau mungkin tidak.

Lewat situs OSS untuk akses modal usaha gratis dari pemerintah

OSS atau Online Singgel Submission sebagai mekanisme hal pemberian izin usaha yang terpadu secara electronic, diatur dan diadakan oleh Instansi OSS di bawah Kementerian Investasi/BKPM. OSS berbasiskan resiko layani dua kelompok pelaku usaha, yakni UMK dan Non UMK.

Silakan cari tahu juga dana gratis untuk bayar hutang, syarat pencairan dana hibah, pinjaman dana hibah tanpa syarat, pinjaman dana hibah langsung cair, dana hibah gratis, dana hibah gratis langsung cair 2019, bantuan modal usaha gratis, dana hibah 1 jam cair, pinjaman dana hibah online

Baca Juga arti dari dana hibah amanah 

Sebagai pelaku usaha kecil, Anda digolongkan dalam rasio usaha micro dan kecil (UMK), baik orang perorangan atau badan usaha. Cara daftar UMKM online ini dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah ini.

  • Membuka situs https://oss.go.id/ dan click tombol Daftar disebelah atas kanan.
  • Click Rasio Usaha UMK dan tentukan Tipe Pelaku Usaha UMK, apa Anda UMK Orang Perorangan atau Badan Usaha.
  • Lalu, melengkapi data seperti yang disuruh.
    Check e-mail yang sudah didaftarkan dan pencet tombol Pengaktifan.
    Membuka e-mail Anda untuk ketahui apa username dan sandi yang diberi.
    Pendaftaran sukses, Anda dapat memakai hak akses itu untuk masuk ke Mekanisme OSS.
    Mekanisme OSS ini akan menolong Anda mengurusi Hal pemberian izin Usaha dan mendapat Nomor Induk Usaha atau NIB. Pemilikan NIB akan memudahkan pendaftaran diri sebagai yang menerima bantuan modal usaha di periode wabah dari pemerintah.

‍Pencairan Bantuan

Yang menerima bantuan usaha produktif yang sudah terdaftar dapat menghubungi kantor cabang BRI paling dekat untuk cairkan dana itu. Sesudah validasi, modal bantuan usaha akan dikirimkan langsung ke rekening Anda.

Baca Juga Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan Kontrak

Bagaimana bila Anda belum mempunyai rekening? Seharusnya Anda membuat rekening terlebih dulu dan bawa syarat pencairan, seperti foto copy KTP, KK, dan NIB. Bila persyaratan itu tidak dapat disanggupi, bantuan akan dibatalkan.

Begitu persyaratan dan proses memperoleh bantuan UMKM gratis dari pemerintah tahun 2021. Perlu digaris bawahi, yang menerima bantuan ini diutamakan bagi mereka yang belum pernah mendapat credit perbankan atau pendanaan dari instansi mana saja. Tambahan modal Rp1,dua juta pasti memiliki arti untuk menyambung roda ekonomi usaha Anda.

Bagaimana, apa Anda telah menimbang pilihan ini untuk menolong pengembangan usaha UMKM?

******

Bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2022

Sebenarnya ada banyak begitu bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2022 hingga sekarang. Sayangnya tak semua orang tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Penduduk bisa atau dapat mendapat bantuan modal usaha dari pemerintah lewat bermacam program.

Bantuan yang teramat banyak dikasihkan ke penduduk buat eksekutor usaha ialah Credit Usaha Rakyat (KUR).

Disamping KUR, pemerintah pun memberinya bantuan pada pebisnis micro lewat BLT UMKM. Pada tahun awal mulanya, bantuan UMKM dikasihkan dengan nominal Rp2,empat juta oleh Kemenkop UKM. Ini merupakan salah satu bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2022 yang bahkan ada hingga sekarang.

Baca JUga Pinjam Uang Tanpa KTP

Diluar itu, pemerintah pun menyediakan bantuan lain buat penduduk yang tak bisa dijangkau KUR.

Bantuan ini yang memiliki nama Pendanaan Ultra Micro (UMi) sebagai program step kelanjutan dari program sosial yang mengarah usaha micro di susunan ikuth.

Merilis dari situs sah Kemenkeu, UMi dialirkan lewat Instansi Keuangan Bukan Bank (LKKB) dengan pemantauan dari Tubuh Pelayanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Berikut cara mendapatkan bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2022 hingga sekarang ini.

Sebab tujuannya di bawah KUR, yang terima UMi memperoleh hutang modal maksimum Rp10 juta dengan tenor waktu pendek ialah di bawah 52 minggu.

Tidak sama dengan KUR, UMi tak tuntut terdapatnya aggunanan buat bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2022 tersalurkan dan buat pendanaan kumpulan atau kelompok. Asal penuhi syarat berikut ini.

  • 1. Tengah tidak dibayari oleh instansi keuangan/koperasi.
  • 2. Penduduk Negara Indonesia (WNI) dipastikan dengan Nomor Induk Kependudukan Electronic.
  • 3. Punya izin usaha/informasi usaha dari institusi pemerintah serta/atau surat informasi usaha dari penyalur.

Baca Juga Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang Coba Tips Ini

Instansi Penyalur bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2022 dari UMi salah satunya:

Karya UMi (PT Pegadaian)

Keuntungan :

  • Pengajuan Credit begitu mudah serta cepat
  • Waktu jangka hutang Fleksibel
  • Pembayaran pelunasan pembayaran bisa dikerjakan setiap waktu
  • Agunan BPKB

Mekaar (PT Pendanaan Nasional Madani)

Keuntungan :

  • Memungut Skema Grameen Bank
  • Wanita prasejahtera secara berdompol
  • Hutang modal dan binaan buat buka usaha
  • Displin ada dalam tiap-tiap diskusi dengan kumpulan serta mencicil hutang

Koperasi (PT Bahana Artha Ventura)

Keuntungan :

  • Instansi Linkage
  • Komida
  • AKR
  • Sidogiri
  • BMT BUS

Itulah bantuan modal usaha gratis dari pemerintah 2022 yang hingga sekarang masih disalurkan. Jadi kalau mau mendapatkannya salah satu jalan termudah adalah dengan sambangi Karya UMi (PT Pegadaian) dan meminta penjelasan cara mendapatkannya.

14 thoughts on “Modal Usaha Gratis dari Pemerintah Ini Cara Mendapatkannya”

  1. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Para ikhwan donatur yang baik hati sudi kiranya dapat membantu saya memberikan uang seberapa saja recehan , saya kesulitan keuangan banyak hutang untuk makan, saya tdk punya rumah, masih kontrak , bilamana semua sudah teratasi saya berhenti meminta

    jazakillahu khairon katsiro

    uang bisa dikirim ke rek BCA indonesia 5680724247

  2. Assalamualaikum warahmatulahi wabarokatuh…
    Para donatur yang baik hati dan dermawan sudih kah serikara nya bisa membantu meringankan hutang saya sebesar 50 jt ,maaf saya sebenar nya malu tapi saya terpaksa & sudah buntu karena saya dikejar2 hutang riba & saya sudah tidak punya aset untuk di jual rumah pun sudah saya jual untuk menutupi hutang itu pun tidak cukup melunasi & upaya pun sudah dilakukan tapi tidak bisa menutupi hutang2 anak & ibu sedang sakit butuh biaya berobat,saya sudah kerja cuma bisa buat makan.terimakasih banyak atas kebaikan para donatur yg mau menyisihkan sebagian rejeki nya semoga Allah swt membalasnya & diberi rejeki berlipat ganda,Aamiin ya robbal alaamiin
    Yang mau menbantu bisa kirim
    Ke: Rek BNI 1183762972

  3. Assalamualaikum Donatur yg dirahmati Allah swt.
    Saya sedang butuh uang 15juta buat bayar hutang kerentenir.
    Sebenarnya saya malu jika sbgi hamba Allah minta” tapi saya terpksa karena sedang kesulitan terimakasih
    BRI a/n:Marem
    No rek:649701016963534

  4. Assalamualaikum wr wb
    Kepada pemimpin yang terhormat. Mohon bantuan dana hibah.untuk keluarga kecil kami. Yang semakin terpuruk dengan ke adaan. Kami membutuhkan biaya anak sekolah. Dan ingin membuka usaha. Besar kecilnya bantuan akan sangat berguna buat keluarga kami yang tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Semua aparat yang di atas selalu curang dengan dana bantuan pemerintah.
    Mohon bantuan ke rek BRI 712201019085531. Semoga amal ibadah orang dermawan selalu di lipat gandakan. Amin…. Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  5. Asalamualaikum mohon bantuannya para donatur yg baik hati agar sekiranya membantu saya dalam melunasi hutang yg sangat mencekik

  6. Assalamualaikum.donatur yg terhormat..mohon dg sangatt .saya di lilit hutang .rumah mau disita hari hari ini .anak saya sakit ku mohonnberapapun rupiah yang anda donasikan adalah sangat berharga bagi kami, bantu saya dan keluarga saya melawan kanker yang saya derita, . Bantu Donasi dengan klik https://kitabisa.com/347415?utm_source=socialsharing_campaigner_web_9cfeae92c2ba2152f54246de28397829&utm_medium=share_campaign_whatsapp&utm_campaign=share_detail_campaign

  7. Salam damai. Ibu BPK Donatus yg baik salam dr sy Lita. Sy mau menguraikan beban sy ini KPD BPK ibu donatur yg baik hati.
    Sy dan anak anak sy minta bantuan KPD ibu BPK kiranya Tuhan membuka hati ibu BPK menolong ekonomi kami. Sy butu biaya uang 60 juta untuk operasi orang tua saya yg sedang sakit jantung.
    Mohon bantuannya ibu BPK saya berterimakasih sekali. Agar beban saya berkurang. Ibu BPK yg dermawan semoga Tuhan memberi umur panjang dan rejeki melimpah.
    No rek. 532801037241531 BRI sblumnya trimakasih banyak pada dermawan yg baik.amin

  8. Hlo para donatur yang baik hati perkenankan saya Shinta sangat butuh bantuan dana untuk pelunasan utang sebanyak 400juta di Bank Sudi kiranya dapat membantu saya untuk pelunasan hutang yang tidak bisa bayar phone bantuan sangat berarti bagi kami untuk saat ini Transfer ke rekening saya BNI 0691100836 Semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur Amin

  9. Bapak ibu yg baik hati durahmati Allah Swt, saya saat membutuhkan dana utk biaya 2 anak sekolah saya SMP dan satu lagi SD sebesar Rp. 10jt, yg sebagian buat moda usaha besar harapan saya Bapak ibu berkenan.saya bersedia mengembalikan secara mencicil jikalau usaha saya lancar lagi. Mhn bantuannya Bapak ibu yg budiman mudah2an Allah Swt membalas rejeki yg berlipat ganda. Amiin ya robbal alami BCA no.rekening 0881196262.tks

  10. Hermansyah Matondang

    Assalamualaikum,saya seorang pedagang /warung sembako,di saat pandemi saya sangat mengalami penjualan sangat turun dari biasanya alias terdappak pandemi,dan sekarang Alhamdulillah sudah mulai tapi kita terkendala di modal,mohon bapak/ibu kalau ada dana hibah bantu kami,nanti kalau usaha kami bangkit lg dana tsb kami hibahkan lg

  11. saya mohon minta bantuanya karna saya usahanya gagal jadi utang saya menumpuk..klo ada yang mau. bantu ini no rekening saya.662301036862539.trima kasih

  12. Bismillahirohmanirihim asalamualaikmwrwb tolong pinjamin 20jt buwat modal usaha rek BRI 364201028530539 pasti saya kembalikan terimakasi

  13. mohon ada donatur yg baik hati mohon kesediaan nya membantu melunassi hutang sya tidk banyak cmak 2 juta tpi gk mampu bayar juga cmk bisa berbunga trus.
    klu ada yg mau membantu kesulitan sya tdk akan lgi mau mengulanginya sangt kapok bikin hidup gk bisa tenang.
    Ini reg.0970-01-0141-58-535.
    Ernawati

Leave a Reply

Your email address will not be published.